Cara Melatih Kucing Makan Dry Food

Cara Melatih Kucing Makan Dry Food

Ini adalah panduan lengkap cara melatih kucing agar doyan makan dry food.

Jika kamu ingin:

  • Anak kucing beralih dari makanan basah ke makanan dry food.
  • Kucing dewasa yang mogok makan kembali suka dry food.
  • Kucing gemuk dengan variasi makanan dry food.

Maka kamu akan menyukai panduan ini.

Yuk, mulai ke pembahasannya.

Cara #1: Substitusi Makanan dan Berikan Takaran Makanan Kucing yang Tepat

Substitusi makanan kucing adalah metode untuk memperkenalkan makanan kering dengan cara mencampurkan sedikit demi sedikit dry food. Kamu dapat mencampur dry food dengan makanan basah kucing atau snack kucing. Pilih makanan basah yang paling disukai kucing. Kucing biasanya menyukai makanan basah yang beraroma kuat. Karena menggugah selera makan.

Selanjutnya, mulai campurkan sedikit demi sedikit dan lihat reaksi kucing saat makan. Untuk komposisi, kamu bisa mengikuti aturan ini:

  1. 90% makanan basah : 10% makanan kering. Lakukan selama 3 hari. Anggap saja, makanan kering ini sebagai toping makanan basah. Hehe. Kucing yang penasaran pasti memakannya sedikit demi sedikit.
  2. 80% makanan basah : 20% makanan kering. Ini tandanya kucing sudah mulai suka. Lakukan selama 5 hari.
  3. 70% makanan basah : 30% makanan kering. Pada tahap ini kucing sudah mulai suka dengan makanan kering yang dia makan setiap hari. Proses ini berjalan selama 5
  4. 60% makanan basah : 40% makanan kering. Kucing sudah masuk ke masa peralihan. Rutin lakukan ini selama 5 hari.
  5. 50% makanan basah : 50% makanan kering. Pertahankan tahap ini selama 5 hari.
  6. 20% makanan basah : 80% makanan kering. Pertahankan fase ini selama 1 minggu.
  7. 100% makanan kering kucing (dry food) plus air minum di sampingnya.

Catatan: panduan ini saya buat untuk pengaplikasian 1 bulan. Kalau kucing kamu tergolong mudah beradaptasi, 14 hari saya kira cukup untuk 7 step di atas.

Saat kucing sudah mulai terbiasa makan makanan kering, berarti tugas kamu melatih kucing sudah selesai. Tugas selanjutnya adalah memastikan kucing mendapatkan asupan gizi yang maksimal. Di sini, kamu perlu memilihkan dry food premium untuk kucing dan mengatur pemberian makanan kucing dengan porsi yang tepat. Tujuannya adalah untuk mendapatkan penyerapan nutrisi yang maksimal sesuai tumbuh kembang kucing. Untuk mengetahui detail porsi makan kucing, silakan ikuti panduan dari artikel takaran makanan kucing per hari yang tepat.

Cara #2: Puasakan Kucing

Apabila metode pertama cara melatih kucing makan dry food tidak berhasil. Kamu bisa memaksa kucing masuk ke dalam mode kelaparan sesaat. Caranya dengan mengisolasi kucing di kandang selama beberapa waktu, dan biarkan dia puasa makan. Di sini, kamu tetap memberikan kucing minuman, hanya tidak memberinya makan.

Hari pertama, setiap waktu makannya tiba, kamu keluarkan dry food premium yang sudah kamu beli. Biarkan kucing mencium aromanya. Amati perilakunya, apakah dia terlihat gelisah dan ingin segera memakan makanan kering tersebut? Jika iya kasihkan, jika tidak biarkan dulu.

Sampai kapan membiarkan kucing tidak makan? Pada fase ini, sehari kamu kasih makan wet food 1x nggak masalah. Kasih saja secukupnya, jangan berlebih.

Hari kedua, masih tetap sama, kucing masih kita isolasi ke dalam kandang. Dan setiap waktu makan tiba, kamu keluarkan dry food premium yang sudah kamu siapkan. Kasihkan dengan tanganmu sendiri. Dan amati perubahan perilaku kucing. Biasanya, kalau sudah mulai masuk mode kelaparan, kucing akan membaui makanan kering dan mulai tertarik menjilatinya.

Kalau kucing sudah tertarik, taruh makanan kering ke dalam mangkuk makanan dan letakkan di dalam kandang. Biarkan kucing berkenalan dengan makanan tersebut. Keesokan harinya, kita lihat, apakah makanan kering tersebut berkurang atau tidak. Pada tahap ini, kamu sudah mulai mengurangi porsi makanan basah harian kucing sedikit demi sedikit.

Hari ketiga, perlakuannya masih tetap sama dengan hari ke dua.

Hari keempat sampai hari keenam juga sama.

Pada hari ketujuh, cobalah amati seberapa banyak makanan kering yang dihabiskan kucing. Kalau jatah yang kamu kasih sudah habis, berarti saatnya perayaan keberhasilanmu. Keluarkan kucing dari kandang isolasi, kasih snack kucing kesukaannya.

Langkah selanjutnya tinggal, kamu taruh dry food dan air minum kucing di lokasi favorit kucing. Jadi, jika kucing mulai lapar, dia akan menuju ke tempat tersebut secara otomatis.

Cara #3: Biarkan kucing memilih dry food kesukaannya

Kucing adalah hewan yang sangat pemilih dalam hal makanan. Perilaku inilah yang kadang membuat kucing sangat terpatri dengan suatu rasa makanan. Alhasil, kamu dia nggak makan makanan tersebut, dia nggak mau. Terlebih, kalau kucing dari kecil hanya dikenalkan dengan makanan basah. Dia akan sangat tergantung dengan makanan basah tersebut.

Nah, coba mulai perkenalkan kucing dengan berbagai makanan kering (dry food). Kamu beli 3-5 jenis dry food kemasan kecil. Misalnya, Whiskas, Me-O, Equilibrio, Felibite hingga Royal Canin. Tuangkan ke dalam 5 mangkuk makan yang berbeda. Biarkan kucing memilih makanan kesukaannya sendiri.

Cara ini terbukti efektif untuk beberapa kucing. Perbedaan aroma, kerenyahan dan ukuran kibble membuat kucing jatuh hati pada suatu merek makanan kucing. Hal penting yang perlu kamu amati adalah kucing kamu memilih berdasarkan apa? Aroma, rasa, atau ukuran kibble. Data itulah yang kamu pakai untuk mengambil pilihan dry food mana yang akan kamu berikan kepada kucing secara terus menerus.

Catatan: Proses ini perlu kamu lakukan selama beberapa hari saja. Ambil data secukupnya dan simpulkan hasil eksperimenmu dengan baik. Setelah itu, fokus pada makanan yang dipilih kucing. Tujuannya adalah agar kucing tidak mencret karena gonta-ganti makanan dalam waktu cepat.

Cara #4: Kamuflase

Cara melatih kucing makan dry food selanjutnya adalah kamuflase. Artinya, kamu mengelabuhi kucing dengan memberinya makanan kering dalam kondisi basah. Teknik ini sering dilakukan untuk melatih anak kucing agar doyan makan makanan kering.

Teknik kamuflase ini cukup mudah.

  1. Ambil 3 sendok makanan kering premium.
  2. Letakkan ke dalam mangkok makan kucing.
  3. Kasih sedikit air hangat.
  4. Biarkan makanan kucing jadi empuk.
  5. Tambahkan minyak ikan/Nutri Plus Gel/makanan basah untuk kamuflase.
  6. Berikan pada kucing saat jam makan tiba.
  7. Amati perilaku kucing saat makan.

Minimal lakukan ini selama 1 minggu. Jika kamu lakukan dengan sabar dan telaten, kucing akan mulai menyukai rasa baru dari makanannya. Setelah doyan dengan makanan kering yang dijadikan basah, coba kasih makanan kering di mangkok dekat air minumnya.

Pada tahap ini, kucing akan mulai penasaran dengan aroma makanan kering yang kamu berikan. Sambil malu-malu kucing akan mencicipi makanan kering tersebut. Saat dia merasakan ada rasa yang familiar, kucing akan percaya bahwa makanan itu adalah makanannya. Kalau sudah begitu, kucing kamu sudah doyan dry food. Sisanya tinggal memberikan dry food pada jam makan kucing.

Cara #5: Give & Take

Tidak ada yang spesial dari cara melatih kucing makan dry food dengan cara give & take. Di mana, kamu akan mengeluarkan mangkuk yang penuh dengan makanan kucing pada saat jam makan kucing. Dan mengambilnya setelah jam makan kucing selesai. Yups, sesimple itu.

Kamu hanya perlu menaruh semangkuk makanan kering di dekat air minum kucing saat jam makan kucing tiba. Dan biarkan kucing melakukan eksplorasi dengan makanan barunya. Pada tahap awal, kamu nggak perlu bingung, kenapa hanya dimakan sedikit atau bahkan masih sisa banyak.

Biarkan saja, setiap ganti hari, ganti yang makanan kering yang baru supaya aroma makanan kering tetap fresh. Kunci dari teknik give & take adalah pengulangan. Ya, pengulangan adalah sinyal penguatan agar kucing paham bahwa dia harus makan makanan kering tersebut. Kucing yang cerdas akan paham perilaku majikannya dalam waktu 3-7 hari. Alhasil, kucing akan mulai mencoba makan makanan kering yang kamu sodorkan. Mudah, bukan?

Itulah 5 cara melatih kucing makan dry food. Kamu bisa memilih satu cara saja untuk uji coba, atau menggabungkan beberapa cara untuk uji coba. Karena setiap kucing memiliki respon berbeda. Setelah kamu sukses membuat kucing makan dry food, kamu perlu memastikan kucing tidak dehidrasi. Jadi, selalu sediakan mangkok air minum di dekat mangkuk makanan dry food kucing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *