Cara Mematikan Keyboard Laptop

Cara Mematikan Keyboard Laptop

Adakalanya Anda perlu tahu cara mematikan keyboard laptop, terutama pada saat terjadi masalah yang membuat pekerjaan mengetik menjadi terganggu.

Contohnya adalah ketika terjadi eror pada keyboard yang mengakibatkan suatu karakter ikut terketik di laptop, padahal Anda hanya menekan tombol di sebelahnya. 

Hal ini tentu sangat mengganggu pekerjaan, bukan?

Oleh karena itu, solusi terbaik apabila Anda belum bisa memperbaikinya adalah dengan menonaktifkan papan tik internal yang tersambung ke laptop.

Untuk mengetik, Anda bisa menggunakan keyboard eksternal atau on-board keyboard untuk sementara waktu.

Lalu, bagaimana cara mematikan keyboard laptop dan mengaktifkannya kembali ketika sudah dibutuhkan? Simak jawabannya di bawah ini!

3 Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Eror 

Cara Mematikan Keyboard Laptop yang Eror

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna menonaktifkan papan tik laptop. Salah satunya adalah dengan menggunakan kombinasi tombol yang ada pada keyboard itu sendiri.

Setiap papan tik pada umumnya memiliki tombol F1 sampai dengan F12. 

Masing-masing tombol tersebut biasanya juga menunjukkan ikon atau gambar dengan fungsi tertentu yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Di antara tombol-tombol tersebut, carilah yang mempunyai ikon seperti papan tik. Hal ini disebabkan setiap laptop tidak selalu mempunyai pengaturan fungsi keyboard yang sama.

Setelah menemukannya, tekan kombinasi tombol Fn + tombol dengan ikon papan tik tersebut untuk menonaktifkan keyboard

Anda juga bisa mencoba cara mematikan keyboard laptop ini dengan menekan tombol CTRL + ALT + tombol dengan ikon papan tik secara bersamaan.

Jika sudah, Anda dapat mencoba untuk mengetik sesuatu di papan tik tersebut untuk memastikan bahwa keyboard sudah berhasil dimatikan.

Selain dengan kombinasi tombol fisik, Anda juga bisa mencoba langkah-langkah berikut ini untuk mematikan keyboard laptop. 

1. Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Melalui Device Manager

Cara Menonaktifkan Keyboard Laptop Melalui Device Manager

Salah satu cara paling ampuh untuk mematikan papan tik laptop adalah dengan mengatur ulang Device Manager.

Device Manager merupakan tempat untuk mengatur berbagai macam perangkat keras yang terhubung dengan laptop, termasuk papan tik.

Di sini, Anda bisa melakukan pembaruan driver atau bahkan menonaktifkan fungsi suatu perangkat keras yang mengalami masalah.

  1. Anda bisa membukanya melalui Control Panel atau dengan mengetikkan device manager” pada kolom pencarian di Start Menu.
  2. Jika sudah berada di jendela Device Manager, klik pada menu “Keyboard”, kemudian klik kanan pada opsi jenis papan tik yang muncul, misalnya Standard PS/2 Keyboard.
  3. Pada dialog yang muncul, pilih opsi “Update Driver Software”
  4. Akan tersedia dua pilihan yang muncul, yaitu memerintahkan sistem untuk mencari driver secara otomatis dan menggunakan driver yang sudah disediakan.
  5. Pilih “Browse My Computer for Driver Software” untuk memilih driver yang sudah ada di laptop Anda.
  6. Setelah itu, klik opsi “Let Me Pick From A List” dan ikuti langkah demi langkah yang muncul pada layar laptop Anda.
  7. Agar cara mematikan keyboard laptop ini berhasil, Anda harus mencari driver yang tidak kompatibel dengan perangkat Anda.
  8. Buang tanda centang pada opsi “Show Compatible Hardware”, lalu pada bagian “Manufacturer”, pilih secara acak yang kira-kira tidak sesuai dengan keyboard Anda. 
  9. Jangan lupa untuk menentukan modelnya juga.
  10. Selanjutnya, klik “Next” dan lakukan konfirmasi perubahan driver papan tik tersebut dengan memilih “Yes” pada dialog yang muncul di layar.

Setelah driver yang tidak kompatibel tersebut aktif, keyboard Anda pun tidak akan berfungsi lagi.

2. Mematikan Keyboard Melalui Group Policy Editor

Mematikan Keyboard Melalui Group Policy Editor

Sayangnya, cara mematikan keyboard laptop sebelumnya hanya dapat menonaktifkan perangkat tersebut secara sementara.

Artinya, papan tik di laptop Anda akan kembali aktif secara otomatis apabila ada fungsi otomatis pada sistem yang memperbarui driver jika ditemukan indikasi bahwa yang saat ini terpasang tidaklah cocok.

Oleh karena itu, ada kemungkinan sistem di laptop Anda akan mengembalikannya seperti normal kembali, meski Anda telah menggunakan driver yang tidak kompatibel.

Solusinya, Anda bisa melakukan pengaturan pada Group Policy Editor setelah mengganti driver pada Device Manager untuk menonaktifkan keyboard secara permanen.

  1. Untuk mencobanya, buka “Run” dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan di papan tik. 
  2. Anda juga bisa menemukan fungsi tersebut pada Start Menu, lalu ketik Run” pada kolom pencarian.
  3. Lanjutkan cara mematikan keyboard laptop ini dengan membuka Group Policy Editor dengan mengetik gpedit.msc” pada kolom “Open”. Kemudian, klik “OK”.
  4. Setelah jendela Group Policy Editor terbuka, cari folder Device Installation Restrictions
  5. Caranya adalah dengan membuka folder-folder berikut ini secara berurutan: Administrative Templates – System – Device Installation.
  6. Selanjutnya, cari “Prevent Installation of Device non Described”. Klik kanan pada opsi tersebut, lalu pilih “Edit”.
  7. Kemudian, Anda bisa mengubah pengaturannya menjadi “Enabled”. Klik “OK” dan papan tik Anda pun akan mati secara otomatis. 

Mengaktifkan Kembali Keyboard Laptop yang Dimatikan

Mengaktifkan Kembali Keyboard Laptop yang Dimatikan

Setelah mencoba cara menonaktifkan tombol keyboard pada langkah-langkah di atas, Anda mungkin ingin mengaktifkannya kembali.

Misalnya saja ketika Anda telah selesai memperbaiki masalah pada papan tik atau perangkat tersebut sudah dapat digunakan secara normal sehingga perlu diaktifkan kembali.

Sama halnya dengan cara mematikan keyboard laptop, langkah-langkah mengaktifkannya pun dapat dilakukan melalui Device Manager. 

  1. Seperti sebelumnya, masuk ke jendela Device Manager dan pilih menu “Keyboards”. Klik kanan pada opsi perangkat yang muncul, lalu pilih “Update Driver Software”.
  2. Selanjutnya, pilih “Browse my computer for driver software” pada kotak dialog yang muncul. 
  3. Beri tanda centang pada bagian “Show compatible hardware” supaya Anda bisa menggunakan driver yang cocok dengan papan tik yang terpasang di laptop.

Jika ternyata masih terjadi masalah dan Anda ingin mematikannya kembali, cukup ulangi cara-cara di atas agar bisa menonaktifkan papan tik tersebut sementara waktu.

Nah, mungkin sekarang Anda sudah yakin bahwa mengetahui cara mematikan keyboard laptop cukup berguna bagi setiap pengguna perangkat ini. 

Trik-trik tersebut akan sangat membantu jika terjadi eror pada papan tik atau ketika Anda ingin mencoba keyboard eksternal. 

Referensi https://www.charis.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *