Cara Menambahkan Lokasi Di Instagram

Cara Menambahkan Lokasi Di Instagram

Menambahkan lokasi pada foto atau video untuk diposting di sosial media seperti Instagram itu bisa dikatakan penting. Sebab dengan menambahkan lokasi orang lain juga bisa mengetahui dimana kalian berada, bahkan bisa juga mengunjungi tempat tersebut jika dirasa menarik.

Biasanya orang akan menambahkan lokasi untuk mengenalkan tempat wisata, berbisnis ataupun sekadar memberikan informasi kepada pengguna lain saat kalian mengunjungi suatu daerah.

Namun tidak semua lokasi yang kalian inginkan akan muncul di kolom pencarian Instagram (IG). Bisa jadi tempatnya belum pernah dibuat. Maka dari itulah kami akan memberitahukan kepada kalian bagaimana cara membuat lokasi baru di Instagram yang dikutip dari Thelastsurvivors:

Cara Membuat Lokasi Baru di Instagram

Ketika kalian ingin menambahkan lokasi di postingan Instagram, namun tidak muncul di kolom pencarian. Berarti lokasi tersebut belum ada di IG.

Supaya dapat menggunakan lokasi yang diinginkan, kalian bisa mengakalinya dengan cara menambahkan lokasi baru menggunakan bantuan aplikasi lain, yaitu Facebook (FB).

Ketika sudah berhasil menambahkan lokasi di FB, maka secara otomatis lokasi tersebut akan muncul di Instagram dan kalian bisa menggunakannya.

Bagi yang belum tau caranya, bisa ikuti cara dibawah ini:

Langkah #1: Buka aplikasi Facebook di ponsel kalian.

Langkah #2: Selanjutnya masuk ke dalam kolom pembuatan postingan baru / status.

Langkah #3: Pada bagian bawah pilihlah Singgah atau Lokasi

Klik menu Singgah Facebook

Langkah #4: Kemudian tuliskan nama tempat lokasi baru yang ingin ditambahkan atau langsung saja klik Tambahkan Tempat Baru.

Tambahkan Lokasi Baru Facebook

Langkah #5: Lalu di bagian Buat Tempat Khusus tuliskan nama tempat, alamat, kota beserta tandai dengan maps secara benar.

Buat Tempat Khusus

Langkah #6: terakhir klik Posting.

Posting Lokasi Baru

Sekarang cobalah membuat status baru di FB dengan lokasi baru yang dibuat barusan. Hal ini diperlukan untuk memeriksa apakah lokasi tadi bisa digunakan.

Jika sudah berhasil, saatnya untuk mencoba menambahkan lokasi dipostingan Instagram kalian.

Baca Juga : Cara Mendownload Drama Korea di Telegram

Cara Menambahkan Lokasi Postingan Instagram

Sebetulnya cara menambahkan lokasi di postingan IG itu cukup mudah kok. Namun jika kalian masih bingung dengan cara di atas tadi, kalian bisa ikuti cara di bawah ini:

Step 1: Jalankan aplikasi Instagram kalian.

Step 2: Selanjutnya buatlah postingan baru berupa gambar atau video yang kalian inginkan.

Step 3: Supaya postingan kalian lebih menarik lagi, isikan juga keterangan atau captionnya.

Step 4: Kemudian klik Tambahkan Lokasi, lalu tuliskan lokasi baru yang sudah kalian buat tadi (jika ingin selain yang tadi dibuat, bisa juga, sesuai selera kalian saja).

Klik Menu Tambahkan Lokasi Instagram

Step 5: Langkah terakhir klik Bagikan / kirim.

Bagaimana apakah sudah berhasil menambahkan lokasi yang diinginkan? Jika sudah itu artinya kalian sudah berhasil membuat lokasi baru. Namun jika masih belum bisa berhasil, ada 2 alasan yang menyebabkan gagal ketika membuat lokasi di Instagram.

Alasan Gagal Membuat Lokasi di Instagram

Ada beberapa alasan mengapa kalian gagal membuat lokasi di IG, untuk masalahnya sih kurang lebih seperti dibawah ini:

1. Tidak Muncul Pilihan “Tambahkan Tempat Baru” di Facebook

Hal ini sering terjadi kepada pengguna yang ingin menambahkan lokasi baru dan mungkin disebabkan oleh Facebook yang mengalami error atau bug.

Untuk mengatasinya cobalah masuk ke Pengaturan HP → Kelola Aplikasi → pilih aplikasi Facebook Bersihkan Cache dan Restart HP kalian.

Kalau masih belum keluar pilihan “tambahkan tempat baru”, cobalah refresh halaman Facebook dan cobalah sekali lagi.

Jika masih tidak muncul juga, tunggulah beberapa saat dan mencobanya kembali. Biasanya sih akan berhasil dan muncul pilihan tambahkan lokasi.

2. Sukses Menambah Lokasi di FB, Tapi Tak Muncul di Instagram

Andaikan sudah berhasil menambah lokasi baru di Facebook, akan tetapi tidak muncul di IG mungkin kalian harus menunggu beberapa saat / bahkan hari untuk bisa menggunakan lokasi yang sudah dibuat.

Kemungkinan besar ini terjadi karena lokasi kalian masih baru sehingga belum diproses untuk ditampilkan dan juga belum ada yang menggunakannya, makanya tidak muncul di kolom pencarian lokasi.

Supaya lokasi cepat ditemukan di pencarian, mintalah bantuan teman kalian agar membuat postingan Facebook dengan menggunakan lokasi yang telah kalian dibuat tadi.

Karena semakin banyak orang yang menggunakan lokasinya maka akan semakin cepat juga terdeteksi di penambahan lokasi Instagram.

Demikianlah artikel tentang cara menambahkan lokasi di Instagram, semoga dapat membantu kalian ya.