Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Fotografi merupakan ilmu yang dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. Tidak heran jika banyak kaum milenial terutama, berkecimpung di dunia fotografi. Karena selain sebagai hobi, juga bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Namun seringkali banyak orang merasa kebingungan dalam mendapatkan uang dari seni fotografi. Nah berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari fotografi yang bisa dicoba dan dicontoh.

Semakin bagus keahlian fotografi yang dimiliki tentu akan semakin banyak pula peluang mendapatkan uang dari hasil karya fotografi.

5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Peluang Fotografi

1. Buat Portofolio Foto

Nah salah satu cara menghasilkan uang dari fotografi adalah dengan membuat portofolio foto hasil karya dan sudah diolah sedemikian rupa. Untuk melakukannya pun tergolong sangat mudah.

Cukup dengan mengunggah foto-foto tersebut pada akun media sosial. Contohnya seperti instagram, facebook, twitter, blog pribadi, maupun yang lainnya.

Nah dalam mengumpulkan portofolio tentu bukan foto sembarangan yang dipilih. Untuk itulah setiap fotografer bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti photo hunt, atau acara lain yang membutuhkan jasa fotografer.

Dari sana, seorang fotografer bisa mendapatkan berbagai macam hasil karya yang akan meyakinkan client untuk menggunakan jasanya. Teknik memotret yang baik akan menghasilkan jepretan yang baik pula.

2. Menjual Stok Foto

Selain membuat portofolio foto, untuk mendapatkan uang dari fotografi juga bisa dilakukan dengan menjual stok foto. Ada banyak sekali situs yang menerima kontribusi foto baik dari fotografer handal maupun amatiran.

Beberapa situs tersebut diantaranya iStock, Fotolia, dan masih banyak lagi. Koleksi foto yang bisa dijual juga cukup lengkap seperti foto pemandangan kota, arsitektur, manusia, binatang, tumbuhan, dan mash banyak lagi.

Tidak hanya itu, foto ilustrasi dimana seorang model memerannkan peran dengan ekspresi tertentu juga biasanya banyak dicari. Hal ini karena berguna untuk keperluan publikasi media dan iklan.

Setiap fotografer akan mendapatkan fee dari setiap foto yang didownload oleh pengunjung situs. Untuk harganya sendiri biasanya merupakan kesepakatan antara kedua belah pihak.

3. Memasang Foto Sebagai Element Dekoratif

Cara lain yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang dari fotografi adalah memasang foto sebagai element dekoratif. Sebagai contoh adalah foto untuk kalender yang didistribusikan dari tahun ke tahun.

Setiap perusahaan maupun organisasi membutuhkan kalender sebagai salah satu upaya branding. Untuk itulah para fotografer perlu mencoba cara yang satu ini.

Jika masih ragu, bisa membaca kisah fotografer Jerry Aurum terlebih dahulu yang memulai karirnya melalui cara ini. Jerry Aurum menawarkan toko kecil di kampusnya untuk menjual kalender dengan foto-fotonya.

Tidak disangka bahwa banyak keuntungan yang akhirnya diperoleh dan kemudian dilanjutkan dengan mengirim sample ke agensi periklanan. Dari sana Jerry mendapatkan tawaran untuk memotret sebuah perusahaan.

Bagi yang baru terjun ke dunia fotografi bisa mencoba cara ini dan memanfaatkan foto-foto tersebut sebagai gambar pada kartu pos, kartu ucapan dan lainnya.

Setelah itu bisa menjualnya secara online atau menawarkan pada online shop yang sudah dikenal banyak orang. Setelah itu kemudian bisa menerapkan sistem bagi hasil dengan pemilik online shopnya.

4. Menjadi Fotografer Dokumentasi

Memiliki bakat dan hobi fotografi tentu bisa menjadi ladang rupiah yang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, sekarang banyak sekali instansi maupun per orangan yang membutuhkan jasa fotografer.

Ketika seorang fotografer memilih menjadi fotografer untuk dokumentasi artinya ia harus peka menangkap setiap moment dan menyajikan komposisi yang menarik. Jadi bukan hanya sekedar mengambil foto saat acara berlangsung saja.

Misalnya pada momen pernikahan, event, konser, atau ajang olahraga. Tentu pada kondisi tertentu cukup sulit untuk diulang. Jadi, kejelian diperlukan untuk cara keempat ini.

Untuk memulainya bia menawarkan jasa pada teman atau rekan yang bekerja di event organizer atau bahkan pemiliknya. Dengan begitu kesempatan untuk menghasilkan uang juga semakin besar.

Jika tidak memiliki kenalan yang bekerja di event organizer, juga bisa memulai dengan menawarkan jasa melalui situs online yang terpercaya. Contohnya seperti freelancer.com, carijasa.co.id, maupun yang lainnya.

5. Menjadi Guru Fotografi

Selain menerapkan ilmunya setiap kali mengambil gambar, seorang fotografer juga bisa berbagi keahliannya dengan cara mengajarkan ilmu fotografi tersebut. Untuk mengajarnya sendiri bisa dilakukan secara online ataupun bertatap langsung dengan murid.

Jika dilakukan secara online bisa membuat video tutorial lalu menguploadnya di situs-situs yang menyediakan jasa tersebut. Sebaliknya jika dilakukan secara langsung bisa dengan cara privat atau membuka kelas di rumah.

Selain menghasilkan uang yang jumlahnya cukup menggiurkan, tentu hal yang membahagiakan ketika bisa membagikan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain. Hal ini akan melahirkan fotografer-fotografer baru dan tidak kalah hebat.

ilmu fotografi yang unik namun mudah untuk dipelajari tentu akan mengundang minat banyak orang terutama kaum milenial. Hal ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk menghasilkan uang dari fotografi.

Nah itulah 5 cara menghasilkan uang dari fotografi yang bisa dijadikan contoh. Terus kembangkan bakat dan keahlian agar bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

Bukan tidak mungkin akan menjadi seorang fotografer profesional dengan berbagai job yang ditangani. Terapkan 5 cara di atas agar lebih mudah dalam mendapatkan uang dari fotografi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *