Cara Merawat Bunga Keladi Agar Rimbun dan Merahnya Keluar

Semenjak pandemi covid-19 melanda Indonesia, tanaman hias menjadi salah satu tren baru yang banyak digemari oleh masyarakat. Karena dengan merawat tanaman hias dapat menjadi kesibukan yang menyenangkan serta tentunya dapat menghilangkan kejenuhan Anda walaupun di rumah saja. Bahkan, banyak juga yang menjadikan tanaman hias sebagai usaha atau sumber pendapatan baru.

Adapun salah satu jenis tanaman yang sedang ngetrenuntuk menghiasi taman minimalis adalah Bunga Keladi. Sebab Bunga Keladi termasuk tanaman unik bercorak, yang daunnya memiliki banyak bentuk, serta warnanya cukup bermotif. Bervariasi sekali, tentunya!

Merawat Bunga Keladi pun terbilang cukup mudah, simple, dan juga hemat biaya. Berikut ini beberapa point yang harus diperhatikan dalam merawat bunga keladi agar dapat rimbun serta cantik:

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Bunga Keladi Agar Subur

1. Pemilihan Media Tanam

Sumber gambar : Medium.com

Harus diingat bahwa point utama yang membuat bunga Keladi dapat tumbuh rimbun, cantik, serta berdaun lebar, adalah pemilihan media tanam yang tepat.

Biasanya, kebanyakan orang awam menggunakan media tanam berupa tanah saja.

Namun, kali ini, saya akan memberikan tips lain dan ampuh! Yakni, dengan menggunakan media tanam berupa pupuk kompos alami (seperti kotoran kambing). Yang kemudian dicampurkan dengan sekam (kulit padi bakar).

Sekam sendiri dipercaya mengandung unsur hara yang sangat baik untuk kesehatan tanaman.

Lalu, kira-kira komposisi antar dua bahan itu gimana, ya?

Sebenarnya, dalam media tanam ini komposisi yang baik antar kompos dan sekam bakar yaitu 1 : 2. Di mana komposisi sekam lebih banyak.

2. Pemilihan Pot

Sumber gambar : tokopedia.com

Untuk pemilihan pot sendiri, dianjurkan yang berukuran sedang dan besar. Sebab tanaman bunga keladi rata-rata bisa tumbuh hingga begitu besar. Selain itu pilihlah pot yang satu set dengan tatakan, tujuannya untuk menampung air agar bunga keladi tetap lembab.

3. Kebutuhan Air

Sumber gambar : Pixabay.com

Tanaman keladi termasuk salah satu jenis tanaman hias yang suka dengan air. Apabila kekurangan air, maka daunnya akan gugur dan rontok. Oleh karena itu, harus disiram dengan rajin, ya apalagi pada saat musim kemarau

Bagaimana ya, kalau bunga Keladi ditinggal pergi oleh yang punya untuk dinas luar dan semacamnya? Bukannya itu berarti tak ada yang menyirami?

Maka, sebenarnya tak perlu khawatir! Dalam situasi seperti itu, Anda bisa menggunakan tatakan pot tanaman yang telah diisi air, agar saat Anda bepergian, maka tanaman keladi akan tetap lembab dan tak akan mati kekeringan. Mudah, bukan?

4. Sinar Matahari yang Cukup

Banyak yang sering bertanya, mengapa sih keladi yang A warnanya beda dengan yang B? Padahal mereka termasuk satu jenis lho?!

Dan ternyata jawabannya adalah karena sinar matahari!

Bunga keladi yang sering terpapar sinar matahari akan memiliki daun bercorak yang lebih merah dan indah! Jika dibandingkan dengan keladi yang hanya disimpan di tempat gelap.

Namun, harus diingat pula, kalau bunga keladi yang terlalu sering terpapar matahari secara langsung, lama kelamaan akan menjadi gosong. Alias terbakar dan kemudian mengering!

Dan untuk mengatasi masalah itu, saya menyarankan agar Anda memasang plastik UV di atas taman bunga Anda. Karena dengan begitu, kebutuhan sinar matahari yang diterima akan tercukupi, serta tak akan kelebihan.

5. Berikan Pupuk untuk Kebutuhan Nutrisi

Tidak lupa pula satu hal yang mesti diterapkan agar daun bunga keladi dapat memiliki warna cerah merona dan sehat, adalah dengan memberikan pupuk.

Dan kali ini, saya menyarankan pupuk Grow More 32-10-10 yang khusus untuk daun.

Cara menggunakan pupuk ini juga terbilang mudah, karena hanya perlu mencampurkan beberapa sendok Grow More ke dalam air. Kemudian diaduk-aduk.

Setelah itu, siap diaplikasikan pada daun bunga keladi! Ingat, pupuk ini harus disemprot di balik bunga keladi, bukan di permukaan! Sebab di bagian belakang daun itu terletak stomata yang dapat membantu proses fotosintesis.

Nah, demikianlah beberapa tips dalam merawat bunga Keladi agar tetap rimbun, cantik, dan warna merahnya keluar! Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *