Contoh Proposal Penelitian Kesehatan Masyarakat

Sebagai mahasiswa kesehatan, baik mengambil jurusan analis kesehatan atau kesehatan masyarakat, pasti akan dihadapkan dengan penelitian. Sebelum memulai riset, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah proposal terlebih dahulu. Seperti apa contoh proposal penelitian kesehatan

Bagi yang kebingungan untuk memulai dari mana sebuah proposal penelitian kesehatan, contoh di bawah ini bisa menjadi acuan atau pedoman saat mulai menyusun rancangan riset. Sebagai anak kesehatan, diwajibkan untuk membuat sebuah penelitian, berikut adalah contoh proposalnya.

Contoh Proposal Penelitian Kesehatan Masyarakat

  1. Latar Belakang 

Tuberculosis (TBC) merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama dengan 2 miliar orang saat ini terinfeksi, 8,6 juta kasus baru per tahun, dan lebih dari 1,3 juta kematian setiap tahun. 

TBC adalah masalah kesehatan masyarakat yang besar di Indonesia. Diperkirakan sekitar 20.000 orang tertular TBC pada tahun 2011, yang mana sekitar 22% tidak terdeteksi atau dilaporkan.

Kombinasi rejimen obat untuk TBC saat ini terdiri dari isoniazid, rifampisin, etambutol dan pirazinamid, diberikan lebih dari enam bulan. 

Mycobacterium tuberculosis (M. tb), memiliki hasil penyakit yang lebih buruk. Pengenalan antibiotik secara luas di 1940-an, dimulai dengan penisilin dan streptomisin, obat yang diubah, memberikan dampak yang efektif untuk sebagian besar penyakit yang lazim pada saat itu. 

Batas pengembangan resistensi umur antibiotik yang berguna dan menghasilkan persyaratan pengenalan senyawa baru yang konstan.

Obat tambahan TBC sangat mendesak untuk ditemukan di masyarakat. Produk alami dan analognya yang berasal dari tumbuhan sering menjadi sumber obat dengan toksisitas terbatas. 

Bahan alami telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat-obatan tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit dan tidak terkecuali di Indonesia.

Spesies tanaman masih berfungsi sebagai sumber yang kaya dari banyak senyawa biologis aktif, namun sangat sedikit spesies tanaman telah diselidiki secara menyeluruh untuk sifat obatnya, dan dengan demikian, ada minat baru pada riset phytomedicine.

  1. Rumusan Masalah

Tanaman herbal apa saja yang digunakan untuk mengobati TBC di Indonesia?

  1. Tujuan Penelitian

Penelitian ini dirancang untuk mendokumentasikan spesies tanaman obat yang secara tradisional digunakan untuk mengobati tuberkulosis (TBC) oleh masyarakat Indonesia.

  1. Metode Penelitian

Tanaman obat yang digunakan untuk melawan TB atau tanda dan gejalanya dipilih menggunakan studi pustaka dan pencarian data yang dipublikasikan secara online. 

Peneliti juga menggunakan metode wawancara kuesioner kepada ahli botani yang terlibat dalam koleksi tanaman di Penelitian Obat Tanaman, Jakarta. 

Data yang diperoleh akan dimasukkan ke dalam Excel dan diringkas menjadi frekuensi menggunakan SPSS 12.0.1 for windows, dan dinyatakan dalam tabel dan grafik batang.

Referensi: Contohproposal.id

Contoh proposal penelitian kesehatan di atas memang terlihat sederhana, namun bisa dikembangkan sesuai dengan tema penelitian yang nantinya hendak diangkat.Pada dasarnya bagian-bagian yang harus dituliskan dalam proposal penelitian harus mencakup sebuah latar belakang adanya masalah hingga metode. Dengan memperhatikan skema penulisan pada contoh proposal penelitian kesehatan di atas, yakinlah jika Anda mampu untuk menyusunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.