Daftar Rekomendasi Pesantren di Pekalongan

Memilih pesantren sebagai tempat menimba ilmu memang sangat penting dan tidak boleh asal-asalnya. Saat ini, terdapat pesantren di Pekalongan yang bisa dijadikan sebagai acuan rekomendasi bagi yang ingin bersekolah agama. 

Jadi, tidak hanya terkenal dengan batiknya namun Pekalongan memiliki banyak pesantren yang bagus dan baik untuk menimba ilmu agama. 

Daftar Pesantren di Pekalongan Terbaik

Lihat beberapa referensi yang kami dapat dari pesantrenterbaik.com di bawah ini sehingga tidak perlu lagi memilih manakah yang baik untuk dijadikan sebagai tempat belajar, yaitu:

  1. Pondok Pesantren Syafi’i Akrom

Pertama adalah Ponpes Syafi’i Akrom yang terletak di pusat kota Pekalongan menjadi sebuah rekomendasi yang bagus. Pendirinya adalah KH. Syafi’i Abdul Majid yang awalnya mendirikan ponpes untuk mengkaji kitab kuning namun saat ini sudah berkembang. 

Bahkan ada 3 program pendidikan yang ada yaitu Madrasah Diniyah, SMP Sains Cahaya Al-Qur’an, dan SMK Sains Cahaya Al-Qur’an. Menariknya, untuk pengajian bukan hanya untuk siswa-siswi SMP dan SMK namun juga dibuka untuk umum bagi yang berminat mengkaji ilmu agama. 

  1. Pondok Pesantren Modern Al-Qur’an Buaran

Masih sama seperti pendiri pesantren sebelumnya yaitu KH. Syafi’i Abdul Majid namun tujuan dari ponpes ini adalah fokus terhadap pendidikan Al-Qur’an pada tahun 1975. Akan tetapi, saat ini sudah berkembang dan disesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga menjadi pesantren modern

Meskipun begitu, kurikulum pendidikannya tetap diarahkan pada bidang pemahaman seperti Aqidah/Tauhid, bahasa arab, Al-Qur’an, Fiqih, Tarikh, Tafsir, dan pelajaran umum. Untuk madrasahnya sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Madrasah Tahfidzul Qur’an dan Madrasah Ulumul Qur’an. 

  1. Pondok Pesantren Ribatul Muta’allimin

Ada lagi untuk pesantren di Pekalongan yang mengusung tema modern yaitu Ponpes Ribatul Muta’allimin. Visi dari pesantren ini adalah menghasilkan SDM berkualitas dengan menyelenggarakan pendidikan agama dan sains serta menanamkan nilai Ahlussunnah wal Jamaah. 

Untuk pendidikannya sendiri sudah lengkap mulai dari Madrasah Diniyah Salafiyah yaitu ibtidaiyah, tsanawiyah, dan aliyah. Alamat lengkap dari ponpes ini adalah pada Jalan Hos Cokroaminoto Landungsari Kecamatan Pekalongan Jawa Tengah. 

  1. Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha

Di bawah naungan Yayasan Fasihul Lisan ada Ponpes Terpadu Al Fusha yang juga sangat bagus untuk tempat menimba ilmu agama Islam. Lembaga ini memiliki sebuah visi untuk menjadi lembaga unggulan dengan penguasaan IPTEK dalam pengembangan keislaman dan dakwah multikultural. 

Pendidikan yang diberikan pada pesantren ini juga cukup menarik seperti SMP, SMA, dan SMK (Jurusan Teknik Sepeda Motor, Tata Busana, dan Akuntansi). Serta untuk ilmu agama sudah dilengkapi dengan belajar Al-Qur;an, Al Hadist, Ijma’, dan Qiyas. 

Menuntut ilmu agama di pesantren adalah pilihan tepat sehingga menjadi insan yang paham agama secara menyeluruh. Namun, pemilihan pesantren di Pekalongan bisa dilihat pada rekomendasi di atas sehingga tepat untuk menimba ilmu bekal dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.