Hukum & Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid

Mempelajari ilmu tajwid secara teori penting karena hukum mempelajari ilmu tajwid dilakukan agar Anda dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Tanpa adanya ilmu tajwid, makna ayat-ayat Al-Quran yang Anda baca menjadi tidak sesuai dengan makna yang sebenarnya.

Maka dari itu, bagi setiap orang yang belum mampu membaca Alquran sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan dalam ilmu tajwid harus terus untuk berusaha memperbaiki bacaannya sehingga mencapai anjuran yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW.

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid Bagi Umat Islam

Hukum bacaan tajwid sangat penting untuk diketahui umat Islam dalam membaca Al-Quran. Bagi umat Islam, hukum mempelajari ilmu tajwid adalah Fardhu Kifayah. Sedangkan hukum membaca ayat suci Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid hukumnya adalah Fardhu Ain.

Meskipun Al-Quran berbahasa Arab, namun cara membaca Al-Quran tidak sama seperti teks bacaan Arab pada umumnya. Terdapat beberapa kaidah dan panduan membaca Al-Quran yang umumnya dikenal dengan ilmu tajwid.

Seluruh umat Islam diperintahkan untuk membaca dan memaknai Al-Quran sebagai kitab suci yang wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Membaca Al-Quran harus dengan ilmu tajwid karena jika membaca Al-Quran tanpa tajwid, makna ayat akan melenceng dan tidak sesuai dengan aslinya.

Manfaat Mempelajari Ilmu Tajwid

Ilmu tajwid biasanya mencakup tanda baca waqaf atau tanda baca yang memberitahu kapan Anda harus berhenti membaca dan di bagian mana yang tidak diperbolehkan berhenti dan lain sebagainya. Hukum mempelajari ilmu tajwid yang wajib tentu memiliki manfaat sebagai berikut:

  1. Agar dapat membaca Al-Quran dengan baik

Tujuan mempelajari ilmu tajwid adalah agar jika saat membaca Al-Quran, Anda mengetahui cara membunyikan huruf berdasarkan makhraj dan membaca hukum-hukum bacaan lainnya. Hal itu akan membuat kualitas membaca Al-Quran Anda semakin baik.

Saat Anda memiliki kualitas membaca Al-Quran yang baik, tentu Anda akan semakin termotivasi untuk membaca Al-Quran setiap harinya dan memaknai isi yang ada di dalam Al-Quran.

  1. Agar terhindar dari kesalahan saat membaca Al-Quran

Mempelajari tajwid dapat membuat Anda berhati-hari dan mengetahui kesalahan dalam bacaan ayat dengan sendirinya. Kesalahan dalam membaca Al-Quran dapat berakibat fatal karena dapat mengubah arti sebenarnya dari ayat tersebut dan tidak boleh dianggap sepele.

Mempelajari ilmu tajwid membantu mencegah kesalahan pada susunan makna, huruf maupun harakat dalam kalimat agar Anda yang membaca tidak mendapatkan dosa saat salah mengucapkannya.

  1. Agar menjaga makna asli ayat Al-Quran

Ayat-ayat yang ada pada Al-Quran merupakan kalam Allah, maka dari itu Anda harus berusaha menjaga kalam Allah agar mendapatkan pahala. Manfaat mempelajari ilmu tajwid untuk menjaga Al-Quran agar tidak mengalami pergeseran makna karena salah membaca.

Tentu membaca Al-Quran harus dilakukan dengan benar karena kesalahan kecil akan berdampak serius dan mengubah makna dari kalam Allah yang akan berakibat sangat fatal di masa depan. Jadi, jangan sepelekan panjang pendek bacaan dan hukum bacaan Al-Quran.

  1. Agar melatih pengucapan Arab

Anda dapat sekaligus melatih pengucapan bahasa Arab saat mempelajari ilmu tajwid. Mempelajari bahasa Arab juga sangat penting dan mempengaruhi Anda dalam membaca Al-Quran.

Jika Anda memahami bahasa Arab dengan baik, maka bacaan Al-Quran yang Anda baca pun akan sesuai dengan makna yang dari surat-surat dalam Al-Quran yang sesungguhnya. Jadi selain mempelajari ilmu tajwid, jangan bosan untuk belajar bahasa Arab ya!

  1. Bentuk ibadah kepada Allah

Bagi seluruh umat Islam, membaca Al-Quran merupakan suatu ibadah yang akan mendatangkan pahala yang sangat besar. Mempelajari ilmu tajwid akan memperbaiki kualitas Anda dalam membaca Al-Quran dan termasuk ibadah kepada Allah.

Selain itu, Anda perlu membaca Al-Quran sambil memaknai isinya secara perlahan dan mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari untuk memperdalam Anda dalam beribadah kepada Allah, dan Insya Allah pahala Anda akan selalu mengalir.

Nah karena hukum mempelajari ilmu tajwid yang wajib, Anda harus selalu berusaha untuk mempelajarinya agar kualitas membaca Al-Quran Anda semakin baik. Hal itu akan membuat Anda lebih mudah dalam memaknai Al-Quran dan mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Untuk belajar ilmu tajwid kini sudah tersedia banyak platform untuk mencari guru mengaji online yang profesional dan berkualitas. Dengan adanya bantuan guru ngaji, tentu akan mempermudah dalam belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.