Kaki Palsu

Jenis Kaki Palsu yang Bisa Digunakan Bagi Penyandang Disabilitas

Kaki palsu adalah salah satu kebutuhan yang paling penting bagi para penyandang disabilitas yang pernah mengalami amputasi kaki. Sebagian kaki palsu ada yang cocok untuk mereka yang diamputasi di atas lutut, sedangkan jenis kaki palsu yang lain dapat digunakan untuk orang dengan amputasi di bawah lutut. Jika Anda ingin tahu secara mendetail, bacalah artikel ini.

Apa Itu Kaki Palsu?

Pada beberapa kalangan masyarakat Indonesia, kata “kaki palsu” mungkin terdengar asing, terutama bagi mereka yang belum pernah melihat orang dengan cacat fisik. 

Kaki palsu ialah alat bantu medis yang digunakan para penyandang disabilitas untuk menggantikan kaki mereka yang hilang atau mengalami amputasi akibat musibah seperti penyakit kronis, kecelakaan lalu lintas, atau cacat genetik saat kelahiran.

Kaki palsu dibuat dengan tujuan memudahkan penggunanya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa harus bergantung pada orang lain atau alat-alat medis yang harganya cenderung mahal.

Urusan pemasangan kaki palsu biasanya pertama kali dilakukan oleh tenaga medis yang terampil, seterusnya dapat dilakukan sendiri oleh pasien. Dokter atau perawat akan memeriksa dulu kondisi luka dan penyembuhan pasca-operasi pada kaki pasien, baru mereka akan memasang prostetik tersebut.

Jenis Kaki Palsu

Berikut ini adalah macam-macam kaki palsu yang desainnya disesuaikan dengan tingkat amputasi seseorang, mulai dari amputasi di atas lutut hingga amputasi di bagian mata kaki kebawah.

1. Kaki Palsu Atas Lutut

Prostetik ini dapat digunakan bagi para pasien yang kakinya diamputasi mulai dari beberapa sentimeter di atas lutut hingga yang hampir mencapai pinggul. Kaki palsu ini tidak begitu fleksibel, sehingga penggunanya kadang-kadang masih harus memakai tongkat berjalan sebagai alat bantu tambahan.

2. Kaki Palsu Tepat Lutut

Ini ialah kaki palsu yang mempunyai desain khusus; semacam penyangga bagian lutut yang hilang karena amputasi. Prostetik ini sedikit lebih fleksibel daripada kaki palsu atas lutut, namun karena sifatnya yang sekadar melengkapi bagian lutut yang hilang, dia tidak memberikan ruang gerak yang sebebas kaki palsu bawah lutut.

3. Kaki Palsu Bawah Lutut

Bagi mereka yang kakinya diamputasi di antara lutut hingga mata kaki, inilah kaki palsu yang perlu mereka gunakan. Pada kasus ini, lutut masih bisa berfungsi dengan baik, sehingga prostetik bawah lutut ini dapat memberikan ruang gerak yang cukup bebas ketimbang kaki palsu atas lutut.

4. Kaki Palsu Mata Kaki

Yang ini adalah prostetik yang digunakan oleh penyandang disabilitas yang mengalami amputasi di bagian mata kaki kebawah. Prostetik ini bisa juga dipakai oleh mereka yang jari kakinya diamputasi, dengan catatan jari kaki yang diamputasi itu jumlahnya lebih dari dua.

Sudah Tahu Jenis Kaki Palsu Mana yang Anda Perlukan?

Ada beberapa jasa pembuatan kaki palsu di negara kita, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya sendiri. Apabila Anda ingin mencari kaki palsu dengan harga yang terjangkau, cobalah membelinya di laman prostetika.com. 

Prostetika merupakan sebuah layanan jasa pembuatan kaki palsu, tangan palsu, pun juga alat rehabilitasi lain yang menyediakan berbagai macam produk ortotik – prostetik. 

Anda juga bisa berkonsultasi dulu dengan pakar medis Prostetika.com apabila ada keraguan dalam urusan pemasangan prostetik tersebut.

Itulah artikel yang membahas tentang kaki palsu dan jenis-jenisnya. Semoga Anda tidak salah pilih ketika Anda membeli kaki palsu, baik untuk Anda sendiri maupun untuk anggota keluarga atau sahabat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.