Makanan-Khas-Rembang-yang-Lezat-dan-Murah

7 Makanan Khas Rembang yang Lezat dan Murah

Sebagai perbatasan Jawa Tengah sekaligus Jawa Timur, makanan Rembang tentu mendapatkan banyak pengaruh. Terlebih, kabupaten ini juga terletak di pesisir. Kota-kota pesisir kaya akan makanan laut yang segar dan olahan yang kreatif.

Jika kamu berkesempatan ke Rembang, kamu harus mencoba makanannya. Selayaknya pantai-pantai di Rembang, makanan-makanan ini dapat menjadi penghibur untuk wisatawan yang ingin mencari pengalaman baru. Tidak sabar untuk berwisata kuliner? Berikut 7 makanan khas rembang yang lezat dan bikin nagih:

1. Sate Srepeh

Makanan-khas-Rembang--Sate-Srepeh
(kredit gambar: instagram.com/orangrembang/)
Keunikan makananRasanya gurih dan pedas, bersantan
Cita rasa makananRasa yang gurih, pedas, sedikit rasa manis dengan aroma rempah kuat
Tempat beli makananNasi Tahu Serepeh Bu Slamet, Nasi Tahu dan Sate Serepeh Pak No
Harga makananRp24.000,00 per porsi

Rasa gurih pedas dari sate srepeh memang cukup legendaris. Ya, makanan khas Rembang yang satu ini memang punya rasa yang unik. Rasa itu tercipta berkat campuran santan, gula merah, dan bumbu tambahan seperti garam dan bawang merah.

Tentu sensasi rasanya berbeda dengan sate di Jawa pada umumnya. Sate-sate yang biasa kamu temui berbumbu kacang, kecap, dengan dominasi rasa manis. Sehingga, inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi para pengunjung.

Salah satu pedagang sate srepeh ternama di Rembang adalah warung Bu Slamet. Letak warung ini adalah di Yos Sudarso dan selalu ramai. Bu Slamet menyajikan sate srepeh dengan jeroan ayam, daging ayam, sapi, dan kambing. Sate ini biasa disajikan bersama nasi sambal tahu. Pedas asin nasi sambal tahu adalah jodoh bagi rasa unik sate srepeh!

2. Lontong Tuyuhan

Makanan-khas-Rembang-Lontong-Tuyuhan
(kredit gambar: instagram.com/rusman_nuryaman/)
Keunikan makananLontong berbentuk segitiga dengan santan dan ayam
Cita rasa makananRasa rempahnya kuat, terasa meresap di lidah
Tempat beli makananKawasan Kuliner Lontong Tuyuhan Pancur, Lontong Tuyuhan Pak Kartawi
Harga makananRp15.000,00 per porsi

Merasa lapar setelah mengeksplorasi berbagai destinasi wisata cantik di pantai Rembang? Kamu bisa mampir ke warung Lontong Tuyuhan. Bukan cuma punya rasa yang unik, Lontong Tuyuhan adalah sajian yang mengenyangkan.

Setelah bertolak dari Pantai Karang Jahe, Rembang, kamu bisa mampir ke sentra Lontong Tuyuhan yang terletak di daerah Pancur. Untuk menuju kawasan kuliner Lontong Tuyuhan dari pantai Karang Jahe, Rembang, kamu butuh waktu sekitar 16 menit (7.6 km). Rute terbaik dari pantai Karang Jahe Rembang adalah via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang/Jl. Sunan Bonang.

Sampai di sini paham ya? Yuk, lanjut.

Di Kawasan Kuliner Lontong Tuyuhan Pancur, ada banyak warung yang menyajikan makanan khas Rembang yang satu ini. Lokasinya strategis, bersih dan tertata rapi.

Tak heran, banyak wisatawan yang mampir ke sini untuk wisata kuliner.

Apakah lontong Tuyuhan mengenyangkan? Lontong Tuyuhan cocok dimakan saat perut kosong karena mengenyangkan dan kaya gizi.

Memangnya, apa saja yang ada di dalam Lontong Tuyuhan?

Sekilas, Lontong Tuyuhan mirip dengan opor ayam. Kuahnya berwarna kuning dan bersantan. Di dalamnya, juga terdapat ayam dan lontong. Namun, yang membedakan adalah rasa rempahnya yang kuat. Beberapa bumbu andalan Lontong Tuyuhan antara lain adalah jintan, laos, jeruk, kunyit, pala, cabai, ketumbar, bawah putih, dan bawang merah.

Kemudian, berbeda dengan opor ayam pada umumnya, lontong di dalam sajian ini berbentuk segitiga. Bentuk ini memiliki esensi, lho. Yakni, cinta kepada Tuhan, makhluk hidup, dan alam tempat kita bernaung. Wah, filosofis sekali, ya!

Sepiring Lontong Tuyuhan sangat cocok disajikan dengan es teh manis. Disantap di siang hari, rasanya mantap!

3. Urap Latoh

Makanan-khas-Rembang-Urap-Latoh
(kredit gambar: instagram.com/harmiikk/)
Keunikan makananMenggunakan tanaman laut latoh
Cita rasa makananKenyal, gurih, manis, segar
Tempat beli makananWarung Apung Dasun
Harga makananRp10.000,00

Inilah makanan unik yang tidak akan kamu temukan di daerah lain!

Bahan utama urap latoh hanya dapat ditemukan di pesisir Rembang. Ya, bahan penting di dalam makanan yang satu ini adalah latoh .

Latoh adalah tanaman laut berbentuk batang dengan bulir-bulir di sepanjang bagiannya. Ketika digigit, teksturnya kenyal dan renyah. Penyajiannya pun mudah, tinggal dicuci kemudian masukkan ke dalam bumbu urap biasa.

Urap latoh paling enak dikonsumsi bersama nasi putih dan juga telur rebus. Inilah makanan yang tidak hanya lezat, tetapi juga kaya serat dan sehat.

4. Soto Rembang

Makanan-khas-Rembang---Soto-Rembang
(kredit gambar: instagram.com/mosyakur/)
Keunikan makananAdanya santan
Cita rasa makananGurih dan kental
Tempat beli makananBerbagai warung kecil di Rembang
Harga makananRp7.000,00

Rembang memang jagonya makanan-makanan berkuah. Ada lagi, nih, makanan berkuah terkenal dari Rembang yang akan menggoyang lidahmu: Soto Rembang.

Keunikan dari Soto Rembang adalah adanya santan di dalam kuah sotonya. Santan ini berpadu sempurna dengan daging, tomat, dan juga emping.

Soto Rembang memang makanan yang cukup terkenal. Bukan hanya di Rembang, kamu juga dapat menemukannya di kota-kota lain, seperti Yogyakarta atau Bojonegoro.

5. Lontong Sambel

Makanan-khas-Rembang-Lontong-Sambel
(kredit image: instagram.com/hendikistanti/)
Keunikan makananSaus kacang pedas
Cita rasa makananManis, gurih, dan pedas
Tempat beli makananWarung Makan Lontong Sambel Tahu dan Sego Uduk Mbak Rah
Harga makananRp10.000,00

Sajian lontong dari Rembang ini memang sulit ditolak kelezatannya. Kombinasi lontong, sambal kacang, dan juga tahu goreng penyet beserta sambal membuat makanan ini terasa renyah dan meresap di lidah.

Pembuatan lontong sambal ini mudah. Sambal kacang diuleg kemudian bahan-bahan lain dicampur. Penyajiannya biasanya disertai dengan mendoan dan dibungkus di dalam daun jati.

Lontong sambal memang makanan sederhana. Namun, kelezatannya dapat diadu dengan makanan khas Rembang lainnya. Meski begitu, kamu wajib berhati-hati dengan rasa pedasnya jika kamu punya masalah dengan sakit lambung.

6. Kaoya Dudul

Makanan-khas-Rembang---Kaoya-Dudul
(kredit gambar: instagram.com/masakanindonesia1/)
Keunikan makananKue kering berbentuk bunga, dimakan dengan cara dipencet
Cita rasa makananRasanya manis sekaligus gurih, kering.
Tempat beli makananOleh-oleh Khas Rembang Tawangsari
Harga makananRp800,00/biji

Sekilas, makanan yang satu ini seperti hiasan. Maklum, bentuknya seperti bunga. Namun, Kaoya Dudul adalah kue kering.

Biasanya, Kaoya Dudul disajikan sebagai hantaran pernikahan. Kaoya Dudul dibungkus dengan daun lontar sehingga kerap dijuluki Kaoya Lontar. Nah, istilah “dudul” berasal dari metode yang paling tepat untuk mengonsumsi makanan ini. Yakni, dengan cara “didudul” atau dipencet.

Bagaimana cara membuat kue ini?

Tepung beras dicampur gula Jawa dan gula putih. Pada proses pencampuran, adonan harus diremas-remas sampai terasa pulen. Kaoya Dudul memang paling sering dibuat di malam hari. Pasalnya, suhu udara di malam hari dingin sehingga membuat Kaoya Dudul lebih cepat mengeras.

Walau kerap menjadi makanan hantaran, Kaoya Dudul juga dapat menjadi buah tangan dari Rembang.

7. Dumbeg

Makanan-khas-Rembang-Dumbeg
Dumberg Rembang
Keunikan makananKue kering berbentuk bunga, dimakan dengan cara dipencet
Cita rasa makananRasanya manis sekaligus gurih, kering.
Tempat beli makananOleh-oleh Khas Rembang Tawangsari
Harga makananRp800,00/biji

Camilan ini sebetulnya adalah makanan khas di berbagai tempat, termasuk Brunei dan Malaysia. Ia dibuat dari campuran tepung beras dan juga gula Jawa. Teksturnya kenyal seperti jeli, kental, dan sangat manis.

Pembungkus dumbeg adalah daun lontar. Cara makannya cukup unik, yakni dengan menekan bagian bawah daun yang tergulung. Setelah itu, dumbeg akan keluar dari kemasan daun dan dapat disantap.

Dumbeg banyak ditemukan di sentra oleh-oleh atau pasar. Rasanya enak dan nagih. Namun, lebih baik kamu tidak mengonsumsinya terlalu banyak, khususnya bagi penderita diabetes. Hal ini karena kadar gulanya cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan, dapat membuatmu berisiko diabetes.

Dari sebuah kota yang kecil, rupanya begitu kaya sajian makanan yang bisa kamu santap. Sehingga, buat kamu yang tengah mencari ide wisata kuliner baru, kota ini dapat menjadi opsi. Apalagi, kota ini merupakan penghubung dari provinsi Jawa Tengah ke Jawa Timur. Sehingga, dari Rembang, kamu pun bisa bepergian ke kota-kota menarik lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Tertarik untuk pergi ke Rembang?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.