pemandangan-gunung

Pemandangan Gunung Terindah

Negara Indonesia terkenal dengan pesona alam yang Indah dan rentetan gunung yang megah. Ada gunung Rinjani, gunung Ijen hingga gunung Kelimutu. Keindahan dan kemegahan gunung di Indonesia bahkan sampai terkenal ke seluruh penjuru dunia. Namun, sebagai penduduk Indonesia, kadang kita tidak menyadari potensi alam tersebut. Maka dari itu, kami ingin membagikan informasi menarik tentang pemandangan gunung terindah di Indonesia yang belum diketahui oleh banyak orang.

Penasaran? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Gunung Rinjani, Lombok

gunung-rinjani-puncak
Puncak gunung Rinjani
LokasiLombok, Indonesia.
Ketinggian3.726 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,5/5 dari 1.823 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Rinjani, Sagara Anak, Plawangan Sembalun, air terjun Penimbungan Torean.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi aktif tipe maar yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Gunung Rinjani menyimpan pemandangan alam yang indah yang jarang diketahui banyak orang, di antaranya:

  • Pemandangan matahari terbit yang indah dari ketinggian 3.726 m.
  • Pemandangan sunset yang menakjubkan dari area bukit Sagara Anak.
  • Pemandangan gugusan bintang dari area camping di Sagara Anak.
  • Pemandangan puncak Rinjani yang megah dari Pelawangan Sembalun.
  • Pemandangan hutan dan sabana yang hijau.

Semua pesona alam terindah tersebut bisa kamu nikmati saat berwisata ke gunung Rinjani. Terlebih, apabila kamu memiliki hobi pendakian, kamu bisa berkemah di spotspot terbaik di gunung Rinjani. Misalnya, Pelawangan Sembalun dan Sagara Anak.

gunung-rinjani-puncak-barat
Puncak gunung Rinjani sisi barat

Untuk bisa mencapai spot-spot terbaik di gunung Rinjani, kamu harus menempuh perjalanan selama 10-16 jam. Dan harus jalan kaki. Karena surga tersembunyi gunung Rinjani memang berada di tempat yang terisolasi.

Namun jangan khawatir, jika kamu tidak memiliki fisik yang kuat, kamu bisa menyewa porter untuk membawakan perlengkapanmu. Jadi, perjalananmu lebih ringan.

Jika kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan tumbuhan dan hewan langka yang tinggal di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

  • Flora yang ada di Taman Nasional Gunung Rinjani, di antaranya: Jelatang (Laportea Stimulans), dedurenan (Aglaea Argentea), bayur (Pterospermum Javanicum), beringin (Ficus Benjamina), keruing (Dipterocarpus Hasseltii), edelweis (Anaphalis Javanica) dan Anggrek Hutan (Perisstylus Rinjaniensis).
  • Fauna yang ada di gunung Rinjani, di antaranya: Musang Rinjani (Paradoxurus Hemaprhoditus Rinjanicus), Lutung budeng (Trachypithecus auratus kohlbruggei), Rusa (Muntiacus Muntjak Nainggolani), burung Cikukua Tanduk (Philemon Buceroides Neglectus), Kepodang Kuduk Hitam (Oriolus Chinensis Broderipii), Dawah Hutan (Ducula Lacernulata Sasakensis).

Tertarik untuk melihat secara langsung keindahan gunung Rinjani? Yuk, segera agendakan liburan ke sana.

2. Gunung Semeru, Jawa Timur

awan-di-puncak-gunung-semeru
Kubah awan gunung Semeru
LokasiKabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
Ketinggian3.676 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,6/5 dari 2.373 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Mahameru, Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, Ranu Regulo.

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Jawa yang memiliki pemandangan yang indah. Di mana, saat kamu bisa mencapai puncaknya, kamu bisa melihat puncak gunung-gunung tinggi di pulau Jawa lainnya. Misalnya, puncak gunung Slamet, gunung Arjuno-Welirang, hingga gunung Sumbing.

Selain keindahan puncaknya, gunung Semeru juga memiliki bentang alam yang menawan. Kamu bisa menikmati keindahan alam gunung Semeru jika mendaki melalui jalur Ranu Pane.

Melalui jalur Ranu Pane, kamu bisa menikmati spot pemandangan terbaik di gunung Semeru, di antaranya:

  • Puncak Mahameru.
  • Arcopoho.
  • Kalimati.
  • Oro-oro ombo.
  • Ranu Kumbolo.
  • Ranu Regulo.
  • Tanjakan Cinta.
gunung-semeru-ranu-kumbolo
Danau ranu kumbolo gunung Semeru

Menurut pengalaman kami saat mendaki gunung Semeru, tempat terbaik adalah di Ranu Kumbolo dan puncak Semeru.

  • Area Ranu Kumbolo sangat cocok untuk menikmati sunrise, sunset dan pesona gugusan bintang di malam hari.
  • Puncak Mahameru sangat cocok untuk menikmati sunrise dan samudera di atas awan.

Kedua lokasi tersebut terletak jauh dari basecamp pendakian. Jadi, kamu perlu berjalan kaki selama 8-16 jam untuk mencapai spot tersebut. Artinya, kamu butuh stamina tubuh yang kuat agar bisa mencapai tempat terbaik untuk menikmati pemandangan terindah di gunung Semeru.

Terakhir, jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat tumbuhan dan hewan langka di gunung Semeru. Misalnya, Cemara Gunung, Edelweis Jawa, Anggrek Hutan, Elang Jawa, Lutung Jawa, hingga kupu-kupu sayap biru.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

gunung-bromo-puncak
Puncak gunung Bromo
LokasiJawa Timur, Indonesia.
Ketinggian2.329 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,6/5 dari 8.764 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Penanjakan 1, puncak Penanjakan 2, Pasir Berbisik, Puncak Kawah Bromo, Bukit Teletubies, Puncak B29, Pura Luhur Poten.

Gunung Bromo adalah gunung berapi tipe somma volcano yang memiliki pemandangan alam yang indah. Gunung Bromo terletak di Jawa Timur, Indonesia berdekatan dengan gunung Semeru. Oleh pemerintah setempat, kawasan gunung Bromo dijadikan satu dengan kawasan gunung Semeru menjadi Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS).

Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang mengagumi keindahan gunung Bromo. Karena gunung Bromo memiliki spot pemandangan yang indah, di antaranya:

  • Puncak Penanjakan 1.
  • Puncak Penanjakan 2.
  • Kawasan wisata Pasir Berbisik.
  • Kawah Bromo.
  • Bukit Teletubies.
  • Puncak B29.
gunung-bromo-bukit-teletubies
Bukit teletubies gunung Bromo

Untuk menikmati keindahan gunung Bromo, sebaiknya kamu datang saat pagi hari atau menjelang terbenamnya matahari. Karena itulah waktu terbaik untuk bisa menikmati pemandangan terindah di gunung Bromo.

Bagi wisatawan yang tidak memiliki fisik yang bugar, kamu tidak perlu takut kecapean. Karena pihak pengelola wisata Bromo telah menyediakan sarana transportasi untuk wisatawan. Misalnya, kuda, mobil Jeep, hingga porter.

Terakhir, jika kamu beruntung, saat berwisata ke gunung Bromo kamu bisa melihat berbagai keanekaragaman hayati Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Misalnya, tumbuhan  Edelweis, Cemara Gunung, Jamuju, anggrek hutan hingga pohon akasia. Kadang-kadang wisatawan juga melihat elang Jawa yang sedang berburu.

4. Gunung Ijen, Jawa Timur

gunung-ijen-puncak
Kawah gunung Ijen
LokasiJawa Timur, Indonesia.
Ketinggian2.799 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,7/5 dari 3.611 ulasan Google
Spot Pemandangan TerindahPuncak Kawah Ijen, area blue fire, bukit Apetleppet, Milky way spot.

Gunung Ijen merupakan gunung berapi jenis stratovolcano yang mempunyai fenomena alam langka, yaitu api biru (blue fire). Konon, fenomena api biru ini hanya muncul di dua tempat di dunia, yaitu di Islandia, Eropa dan Kawah Ijen, Indonesia.

Berkat kemunculan fenomena langka tersebut, gunung Ijen sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Mereka ingin menyaksikan sendiri fenomena terlangka di dunia yang dikenal dengan blue fire.

Namun, untuk bisa melihat keindahan blue fire, kamu harus mendaki ke gunung Ijen. Dan pendakian harus dilakukan pada malam hari. Karena blue fire hanya muncul pada malam hari, yaitu pukul 01.00-03.00. Blue fire akan semakin mengecil dan hilang seiring terbitnya matahari.

Selain area blue fire, ada spot pemandangan indah lainnya di gunung ijen, di antaranya:

  • Puncak Kawah Ijen.
  • Area tambang belerang.
  • Bukit Apetleppet.
  • Milky way spot.
gunung-ijen-blue-fire
Blue fire gunung ijen

Tempat-tempat tersebut memiliki pemandangan yang cantik. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, sebaiknya kamu ke spot gunung Ijen pada pagi hari, sore hari atau malam hari. Khusus untuk menikmati blue fire, kamu harus ke lokasi menjelang tengah malam.

5. Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

gunung-gede-pangrango-puncak
Puncak gunung Gede Pangrango
LokasiJawa Barat, Indonesia.
Ketinggian2958 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,7/5 dari 1.702 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Gede Pangrango, Surya Kencana, pos Air Panas, Telaga Biru, Kandang Badak, Curug Cibeureum.

Gunung Gede Pangrango merupakan gunung dengan pemandangan cantik yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Di gunung Gede Pangrango, wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah, di antaranya:

  • Sunrise di atas gunung.
  • Sunset cantik di alun-alun Surya Kencana.
  • Samudera di atas awan.
  • Hutan taman nasional yang hijau.
  • Curug Cibeureum.

Untuk bisa melihat pemandangan gunung terindah di kawasan Gede Pangrango, kamu harus berjalan kaki menuju spotspot khusus. Lama perjalanan biasanya 2-5 jam perjalanan.

Kalau kamu memiliki hobi mendaki gunung, kamu bisa camping di spotspot terbaik di gunung Gede Pangrango. Dengan begitu, kamu dapat menikmati pemandangan sunrise, sunset, kesejukan gunung hingga pemandangan rasi bintang di malam hari.

Berikut ini, spot pemandangan terbaik yang bisa kamu jadikan rekomendasi saat berwisata ke gunung Gede Pangrango.

  • Puncak Gede Pangrango.
  • Surya Kencana.
  • Pos Air Panas.
  • Telaga Biru.
  • Kandang Badak.
  • Curug Cibeureum.
gunung-gede-pangrango-telaga-biru
Telaga biru gunung Gede Pangrango

Suasana di spot pemandangan tersebut sangat menakjubkan. Kamu bisa merasakan udara di pegunungan yang sejuk. Melihat banyak pepohonan besar yang langka. Melihat flora dan fauna di habitat aslinya. Dan kalau kamu beruntung, kamu bisa berjumpa dengan tumbuhan langka, seperti Edelweiss. Dan hewan langka seperti elang Jawa, surili hingga burung srigunting.

6. Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat

gunung-tangkuban-prahu-kawah-ratu
Kawah ratu gunung Tangkuban Perahu
LokasiJawa Barat, Indonesia.
Ketinggian2.084 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,5/5 dari 4,499 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Tangkuban Prahu, kawah Ratu, kawah Domas, kawah Upas, kawah Baru, pemandian air panas Ciater, hutan Anggrek, taman wisata Capolaga.

Keindahan gunung Tangkuban Perahu melegenda sampai pelosok Indonesia. Di mana, lokasi tersebut masuk dalam salah satu dongeng rakyat yang melegenda, yaitu Sangkuriang.

Selain terkenal melalui kisah dongeng Sangkuriang, gunung Tangkuban Perahu juga terkenal dari kawasan wisata alamnya. Ini karena gunung Tangkuban Perahu menyimpan pesona alam yang menawan.

Tiga destinasi wisata di gunung Tangkuban Perahu yang popular adalah kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas. Ketiga kawasan tersebut menjadi spot pemandangan terindah di gunung Tangkuban Perahu.

gunung-tangkuban-prau-kawah-domas
Kawah domas gunung Tangkuban Perahu

Di sana, kamu bisa melihat kawah gunung berapi yang sedang non-aktif dari jarak dekat. Konon batuan di kawah gunung Tangkuban Perahu berumur 90.000 tahun. Artinya, kamu mengunjungi lokasi bersejarah umat manusia.

Jika kamu tidak suka mendaki ke kawah gunung Tangkuban Perahu, kamu bisa mengunjungi taman wisata alamnya. Misalnya, pemandian air panas Ciater, Orchid Forest, dan taman wisata Capulaga.

7. Gunung Patuha, Jawa Barat

gunung-patuha-puncak
Puncak gunung Patuha
LokasiJawa Barat, Indonesia.
Ketinggian2.434 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,6/5 dari 96 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Patuha, Kawah Putih, kebun teh Patuahwatte.

Rekomendasi pemandangan gunung terindah lainnya adalah gunung Patuha yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Pemandangan alam yang paling cantik di kawasan ini adalah puncak Patuha dan Kawah Putih.

Kawah putih merupakan kawasan danau di gunung Patuha yang terjadi akibat fenomena percampuran belerang dengan tanah putih. Sehingga, air di kawasan kawah putih berwarna putih kehijauan. Sangat cantik saat dilihat dari kejauhan.

Pada kondisi tertentu, warna air di kawah putih bisa berubah-ubah. Dari putih menjadi kehijauan, hijau Tosca hingga hijau pekat. Semua hal tersebut terjadi karena perubahan kadar belerang, suhu udara, dan cuaca.

Apabila kamu ingin menuju kawah Putih, kamu perlu melakukan pendakian ke atas gunung Patuha. Karena letak kawah berada di atas gunung. Ada 3 jalur pendakian menuju kawah Putih yang bisa kamu pilih, di antaranya:

  • Jalur pendakian gunung Patuha via Panceuling.
  • Jalur pendakian gunung Patuha via Cipanten.
  • Jalur pendakian gunung Patuha via Kawah Putih.
gunung-patuhan-kawah-putih
Jalur pendakian gunung Patuha via Kawah Putih

Khusus untuk pemula, kami merekomendasikan untuk mendaki melalui jalur kawah Putih dari sisi sebelah kiri. Ini karena jalur pendakian via kawah putih lebih mudah dan lebih aman.

8. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

gunung-kelimutu-danau-tiga-warna
Danau tiga warna gunung Kelimutu
LokasiNusa Tenggara Timur, Indonesia.
Ketinggian1.639 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,6/5 dari 277 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Kelimutu, Danau Tiga Warna, Spot Sunset Kelimutu.

Gunung dengan pemandangan alam terindah di Indonesia lainnya adalah gunung Kelimutu. Gunung Kelimutu merupakan gunung yang terletak di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung Kelimutu memiliki danau tiga warna yang berada di atas puncaknya. Dan uniknya lagi, ketiga air di danau tersebut selalu berubah warna sepanjang tahun. Mulai dari warna merah, biru dan putih menjadi warna hijau tosca, merah hati hingga biru muda.

 Perbedaan warna di air danau gunung Kelimutu disebabkan oleh kadar belerang dan bakteri yang ada di dasar danau. Sehingga, pada musim tertentu warna air di danau berubah.

Untuk bisa melihat fenomena alam yang langka di gunung Kelimutu, kamu perlu mendaki sampai ke puncak gunung Kelimutu. Wisatawan bisa mendaki gunung Kelimutu melalui jalur pendakian gunung Kelimutu via desa Moni.

gunung-kelimutu-spot-sunset
Spot sunset puncak gunung Kelimutu

Dari basecamp pendakian desa Moni, kamu harus berjalan selama 30 menit sampai gerbang Taman Nasional Gunung Kelimutu. Dari gerbang itulah, pendakian ke gunung Kelimutu di mulai. Estimasi pendakian ke gunung Kelimutu sekitar 6 jam perjalanan. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan bekal dan perlengkapan mendaki yang memadai.

Terakhir, spot pemandangan terbaik di gunung Kelimutu adalah Puncak Kelimutu, Danau Tiga Warna, Spot Sunset Kelimutu. Pastikan kamu berada di area tersebut saat matahari terbit atau menjelang terbenam. Karena pemandangannya sangat keren sekali.

9. Gunung Merbabu, Jawa Tengah

gunung-merbabu-sabana
Sabana gunung Merbabu
LokasiJawa Tengah, Indonesia.
Ketinggian3.145 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,6/5 dari 2465 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Syarif, Puncak Triangulasi, Puncak Kenteng Songo, Sabana 2, Puncak Suwanting, Kawah Candradimuka, Kendi Kencana.

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi tipe stratovolcano yang sedang memasuki masa tidur panjang setelah letusan terakhir pada tahun 1797. Semenjak menghentikan aktivitas erupsinya, kawasan gunung Merbabu mulai menghijau dan subur. Sabana tumbuh cantik di bawah area puncak Merbabu. Hutan gunung Merbabu tumbuh dengan lebat dan kaya akan flora dan fauna.

Bagi wisatawan khususnya para pencinta aktivitas outdoor, gunung Merbabu adalah surga dunia. Di mana, kamu bisa melihat keindahan keindahan yang tiada tara saat berada di puncak gunung Merbabu.

Beberapa spot pemandangan favorit bagi para pendaki gunung Merbabu, di antaranya:

  • Puncak Syarif.
  • Puncak Triangulasi.
  • Puncak Kenteng Songo.
  • Sabana 2.
  • Puncak Suwanting.
  • Kawah Candradimuka.
  • Kendi Kencana.
gunung-merbabu-jalur-pendakian-via-selo
Jalur pendakian gunung merbabu

Khusus untuk Sabana 2, kamu bisa menikmati pemandangan sabana hijau, sunset, sunrise hingga rasi bintang yang indah di sana. Karena lokasi Sabana 2 sangat strategis. Syaratnya, kamu harus camping di area Sabana 2 minimal semalam.

Bagaimana cara mencapai spot pemandangan terindah di gunung Merbabu di atas? Kamu hanya perlu mendaki melalui salah satu dari jalur pendakian resmi gunung Merbabu. Estimasi pendakian sekitar 6-10 jam. Tergantung jarak dari basecamp ke puncak Merbabu.

Untuk pemula, kami merekomendasikan untuk mendaki via jalur Wekas dan Selo. Khusus untuk kamu yang suka tantangan, kami merekomendasikan untuk mendaki gunung Merbabu via Suwanting.

10. Gunung Prau, Jawa Tengah

gunung-prau-camp
Campground gunung Prau
LokasiJawa Tengah, Indonesia.
Ketinggian2.565 m.
Rating – Total Google ReviewRating 4,8/5 dari 2,509 ulasan Google.
Spot Pemandangan TerindahPuncak Prau, padang bunga Daisy, bukit Teletubies, bukit Rindu, Sunset Camp.

Gunung dengan pemandangan alam terindah di Indonesia yang terakhir adalah gunung Prau. Gunung Prau merupakan gunung dengan ketinggian 2.565 yang terletak di kabupaten Batang Kendal—Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Prau sangat dekat dengan dataran tinggi dieng, sehingga suhu di gunung Paru juga sama dinginnya dengan di dieng.

Kenapa gunung Prau menjadi salah satu gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia? Jawabannya sederhana, karena di gunung Prau, kamu bisa melihat pesona golden sunrise yang sangat cantik.

Saat siang hari kamu bisa melihat awan yang bergulung-gulung di langit Wonosobo dan Kendal. Beberapa wisatawan menyebutnya samudera di atas awan. Dan sore hari, kamu akan melihat sunset yang sangat cantik.

Belum puas? Jika kamu berkemah di area sunset camp, pada malam hari, kamu bisa menyaksikan gemerlap bintang di langit bak permata angkasa. Saat cuaca cerah, langit di atas gunung Prau sangat indah sekali di malam hari.

Mulai tertarik untuk melihat keindahan gunung Prau secara langsung? Jika iya, kamu bisa mendaki gunung Prau melalui beberapa jalur pendakian resmi gunung Prau di bawah ini:

  • Jalur pendakian gunung Prau via via Patak Banteng.
  • Jalur pendakian gunung Prau via via Kalilembu.
  • Jalur pendakian gunung Prau via Igirmranak.
  • Jalur pendakian gunung Prau via via Dieng.
  • Jalur pendakian gunung Prau via Dwarawati.
  • Jalur pendakian gunung Prau via Wates.

Estimasi pendakian dari basecamp menuju puncak gunung Prau sekitar 2-3 jam. Medan pendakian gunung Prau juga tergolong mudah. Jadi, sangat cocok untuk pendaki pemula.

Namun, karena suhu udara di atas gunung Prau sangat dingin. Setiap pendaki wajib membawa perlengkapan pendakian yang memadai, seperti sleeping bag, tenda, dan jaket hangat.

gunung-prau-bukit-teletubies
Bukit Teletubies gunung Prau

Terakhir, berikut beberapa spot pemandangan cantik di gunung Prau yang wajib kamu kunjungi, di antaranya:

  • Puncak Prau.
  • Padang bunga Daisy.
  • Bukit Teletubies.
  • Bukit Rindu.
  • Sunset Camp.

Itulah ulasan lengkap tentang 10 pemandangan gunung terindah di Indonesia. Menurut kami, nominasi pemandangan gunung terindah jatuh pada gunung Kelimutu. Karena keindahan kawah tiga warnanya sangat langka di dunia. Bagaimana menurutmu? Punya pilihan lain? Yuk, tulis opinimu melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *