Pengertian-Informasi

Pengertian Informasi

Informasi merupakan istilah umum yang sudah sangat sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan di berbagai bidang, seperti di lingkungan sekolah, perusahaan, atau bahkan di masyarakat umum.

Kata ini juga kerap digunakan secara bersamaan dengan kata teknologi, sehingga muncul istilah “Teknologi Informasi”. Meski sudah cukup familiar, namun apa sih pengertian informasi?

Pengertian Informasi Secara Umum

Informasi adalah seperangkat data yang diproses dengan cara yang bermakna sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Informasi memberikan makna dan meningkatkan keandalan data, serta membantu memastikan ketidaksukaan dan mengurangi ketidakpastian.

Singkatnya, informasi memberitahu Anda tentang sesuatu (mewakili kebenaran atau fakta tertentu) dan menjawab pertanyaan spesifik.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Kata “informasi” memiliki banyak definisi dan berkaitan dengan lebih dari satu bidang. Beberapa definisinya yang telah kami dapatkan dari situs pendidikan Cryptowi.com adalah sebagai berikut.

  • Kamus Istilah Bahasa Inggris

Informasi adalah pengetahuan yang diperoleh dari investigasi, studi, atau instruksi dari pihak tertentu dan untuk tujuan tertentu.

  • Abdul Kadir

Informasi adalah pengetahuan yang dikomunikasikan atau diterima tentang fakta atau keadaan tertentu, misalnya informasi berita yang berisi tentang kejahatan atau informasi pengetahuan yang diperoleh melalui studi, komunikasi, penelitian, dan instruksi.

  • McFadden, dkk

Informasi adalah rangsangan yang memiliki arti dalam beberapa konteks bagi penerimanya. Ketika informasi dimasukkan dan disimpan di komputer, biasanya disebut sebagai data. Setelah diproses (seperti pemformatan dan pencetakan), data keluaran dapat dianggap sebagai informasi. Ketika informasi dikemas atau digunakan untuk memahami atau melakukan sesuatu, maka dikenal sebagai pengetahuan.

  • Anton M. Moeliono

Informasi adalah data yang diatur atau diklasifikasikan, yang memiliki beberapa nilai berarti bagi penerimanya.

  • Bar Hillel

Informasi adalah satu atau lebih pernyataan atau fakta yang diterima oleh manusia dan memiliki beberapa bentuk nilai bagi penerimanya.

  • J. Mingers (2008)

Informasi adalah pengetahuan tentang subjek, masalah, peristiwa atau proses tertentu yang dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti melalui ceramah, program televisi, atau dari penelitian pribadi.

  • Azhar Susanto

Informasi adalah hal sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, seperti menemukan rute ke suatu lokasi, menulis esai, mendapatkan bahan yang tepat untuk resep masakan, melakukan percobaan, menyewa kendaraan, mengisi formulir lamaran kerja, revisi ujian, dan banyak lagi.

  • J Rowley (1998)

Informasi adalah data yang berguna atau sebagai sumber daya yang dapat membantu manusia menyelesaikan berbagai persoalan.

  • Barry E. Cushing

Informasi adalah suatu hal yang merupakan hasil dari pengolahan data yang terorganisir dan membawa manfaat bagi penerimanya.

  • Marin Vlastelica

Informasi adalah data yang telah diolah sedemikian rupa agar dapat bermakna bagi orang yang menerimanya.

  • Burch & Strater

Informasi adalah sesuatu yang diperoleh dengan mengumpulkan item data ke dalam bentuk yang berarti. Informasi ini dibutuhkan untuk mendapatkan pengetahuan tentang lingkungan sekitar, apa yang terjadi di masyarakat dan alam semesta, menjaga sistem tetap mutakhir, serta mengetahui aturan / peraturan masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi dan pusat, serta asosiasi.

  • Ming Lou

Informasi adalah data yang telah diubah menjadi bentuk yang lebih berguna atau dapat dipahami. Bisa juga dikatakan bahwa informasi adalah kumpulan data yang telah diatur untuk pemanfaatan langsung umat manusia, karena informasi membantu manusia dalam proses pengambilan keputusan.

Pengertian Informasi Akuntansi

Informasi akuntansi adalah sekumpulan konsep dan teknik yang digunakan untuk mengukur dan melaporkan informasi keuangan tentang suatu unit ekonomi/transaksi badan usaha. Biasanya, data tersebut meliputi pembelian inventaris dan mesin hingga membuat kontrak bangunan jangka panjang dan setiap peristiwa yang terjadi dalam operasi bisnis.

Ada juga yang mengartikan informasi akuntansi sebagai metode untuk mengidentifikasi dan merekam data agar menghasilkan laporan yang berguna untuk berbagai pengguna. Empat jenis akuntansi informasi meliputi:

  • Akuntansi Perusahaan

Akuntansi perusahaan melibatkan penggunaan, penanganan, dan pengarsipan data keuangan perusahaan untuk tujuan pelaporan eksternal dan kepatuhan pajak. Beberapa jenis prinsip, standar, dan prosedur akuntansi perusahaan mencakup Prinsip Akuntansi yang Diterima Secara Umum (GAAP), Standar Pelaporan Keuangan Internasional (IFRS), serta Kode Pendapatan Internal (IRC).

  • Akuntan Publik

Akuntan publik bekerja dengan klien eksternal dan bertanggung jawab untuk membantu memastikan laporan keuangan, catatan, serta arsip. Akuntan publik juga sering bekerja sama dengan perpajakan dan kantor keuangan serta harus menjaga pengetahuan terkini tentang GAAP dan kode pajak.

  • Akuntansi Pemerintahan

Akuntan pemerintah bekerja dalam konteks entitas pemerintah lokal, negara bagian, atau federal. Akuntan pemerintah sering kali diperiksa dengan lebih ketat, dan dalam beberapa posisi akan bertanggung jawab untuk menjaga informasi istimewa atau rahasia.

  • Akuntansi Forensik

Akuntansi forensik mengacu pada cabang akuntansi yang mengumpulkan, memulihkan, dan merekonstruksi data keuangan ketika sulit atau tidak mungkin diperoleh. Selain memahami prinsip dan praktik akuntansi, akuntan forensik harus kreatif dan mampu memecahkan masalah yang seringkali kompleks.

Pengertian informasi secara sederhana adalah pesan yang diterima dan dipahami. Bisa juga diartikan sebagai pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau pengalaman dan instruksi. Setiap tugas membutuhkan jenis informasi yang berbeda, dan untuk menemukan informasi yang paling berguna serta relevan, Anda harus menemukan sumber informasi yang paling akurat dan bisa dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *