Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card : Fungsi, Jenis dan Komponennya

Pengertian VGA Card – VGA Card atau kartu Video Graphics Accelerator adalah sebuah perangkat keras yang membantu monitor menampilkan kualitas grafik yang bagus.

VGA Card menjadi salah satu perangkat yang penting dalam sebuah komputer jika komputer tersebut digunakan untuk bermain game. Karena perangkat ini akan membuat kinerja komputer kamu menjadi lebih maksimal.

Nah berikut ini ulasan lengkap mengenai pengertian VGA Card beserta fungsi, jenis dan komponennya.

Pengertian VGA Card

VGA Card adalah sebuah perangkat keras komputer yang berguna untuk pengolah data grafik yang kemudian data tersebut ditampilkan di layar monitor. Tanpa adanya VGA ini kamu tidak akan melihat artikel yang sekarang kamu baca.

Pada dasarnya, setiap komputer memiliki VGA Card yang tertanam pada CPU atau motherboard. VGA Card yang tertanam pada CPU disebut ‘Accelerated Processing Unit’ (APUs). Sedangkan VGA Card yang tertanam pada motherboard disebut ‘on-board video’.

Kelebihan menggunakan VGA Card yang tertanam adalah lebih simpel, konsumsi daya yang lebih sedikit dan mengurangi biaya karena tidak perlu membeli VGA Card untuk tambahan.

Namun jika kamu ingin performa komputer lebih tinggi maka disarankan menggunakan tambahan VGA Card. Umumnya di setiap motherboard komputer sudah disediakan slot expansion untuk VGA Card tambahan.

Fungsi VGA Card

Fungsi utama VGA Card adalah untuk mengolah dan membaca data grafis pada komputer seperti merender grafis 2D maupun 3D. Selain itu, perangkat ini juga bisa menghubungkan komputer ke TV atau ke beberapa monitor sekaligus.

Didalam VGA Card terdapat sound card yang dapat menghasilkan output suara ke perangkat yang terhubung.

VGA Card ini terhubung dengan CPU, sehingga dapat mengambil data dari CPU dan memprosesnya kemudian dapat menampilkan sesuatu di layar monitor.

Bagi kamu yang senang bermain game disarankan menggunakan tambahan VGA Card dengan kualitas yang bagus. Hal ini akan membuat performa komputer kamu menjadi lebih baik.

Jenis Teknologi VGA Card

Secara umum, jenis VGA Card sudah banyak mengalami perubahan. Tidak hanya dari segi tampilan, namun dari segi performa juga menjadi lebih baik. Berikut ini beberapa jenis teknologi VGA Card :

1, VGA ISA

Jenis VGA ini hanya support slot ISA dengan mekanik bus input output (I/O) 8 bit atau 16 bit. VGA ini sudah banyak ditinggalkan konsumen karena performa yang dihasilkan dan ditampilkan kurang bagus. Selain itu proses transfer data juga sangat lambat.

2. VGA EISA

Jenis VGA ini juga sudah lama ditinggalkan. VGA EISA memiliki slot bus I/O 32 bit. Penyebab ditinggalkannya sama seperti VGA ISA karena kecepatan transfer data yang lambat dan performa grafik yang ditampilkan kurang bagus.

3. VGA PCI

VGA PCI memiliki slot bus 32 bit dan 64 bit yang terdapat di dalam slot PCI. VGA ini juga sudah jarang digunakan karena fitur-fitur yang dihasilkan terbatas dan kualitasnya kurang.

4. VGA AGP

VGA AGP adalah jenis VGA yang cukup populer dan masih banyak digunakan hingga saat ini. VGA ini menggunakan slot expansi AGP dengan slot bus I/O 128 bit dan 256 bit. Grafik yang dihasilkan oleh VGA ini lebih bagus dan kecepatan transfer data cukup cepat.

5. VGA PCIe

VGA PCIe adalah jenis VGA yang paling banyak digunakan karena kecepatan transfer datanya yang mencapai 32 Gb dalam setiap detik. VGA PCIe adalah pembaharuan dari PCI Express.

Komponen VGA Card

VGA Card memiliki bentuk seperti papan sirkuit yang di atasnya terdapat sebuah komponen pendukung. Komponen ini dapat membuat VGA berjalan dengan baik dan maksimal. Berikut ini komponen pendukung VGA Card :

  • Graphics Processing Unit. Komponen ini berfungsi untuk mengkonversikan sebuah data. Graphics Processing Unit atau GPU disebut juga processor di dalam VGA.
  • Heat Sink. Komponen ini hanya terdapat pada jenis VGA Card yang baru. Fungsinya adalah untuk peredam suhu pada GPU. Biasanya terdapat kipas yang berfungsi untuk mengeluarkan suhu panas dari GPU.
  • Memory. Memory di dalam VGA Card berfungsi untuk menyimpan informasi grafis yang telah diatur sebelumnya. GPU mendapat data dari memory kemudian mengolah dan menyimpannya kembali ke dalam memori. Kemudian ditransfer ke RAMDAC untuk ditampilkan di layar monitor.

Demikian pengertian mengenai VGA Card beserta fungsi, jenis dan komponennya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *