Permintaan dan Penawaran

Penawaran dan permintaan menggambarkan hubungan antara penjual dan pembeli barang tertentu. Teori pengertian, fungsi, hukum, kurva, dan faktor permintaan dan penawaran menggambarkan hubungan antara harga barang atau produk tertentu dan kesediaan orang untuk membeli atau menjualnya. 

Secara umum, orang cenderung memasok lebih banyak dan meminta lebih sedikit ketika harga naik, sedangkan kebalikannya yang terjadi saat harga turun.

Yuk mulai kita pelajari bersama materi dibawah ini!

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan menggambarkan hubungan antara penjual dengan pembeli, saat penjual meminta sesuatu yang berupa sejumlah barang yang dibeli atau diminta dengan patokan harga tertentu pada jangka waktu tertentu.

Sedangkan, pengertian penawaran yaitu jumlah keseluruhan barang berupa produk atau jasa yang sudah tersedia di pasaran untuk ditawarkan kepada para calon pembeli pada patokan harga tertentu dengan jangka waktu yang ditentukan.

Fungsi Permintaan dan Penawaran

Fungsi penawaran memiliki peran yang digunakan oleh produsen, kegiatannya bertujuan untuk menganalisa atau memperkirakan berapa jumlah banyaknya barang yang akan diproduksi oleh perusahaan. 

Fungsi permintaan dilakukan dengan menggunakan suatu fungsi yang menunjukkan hubungan antara harga barang dengan jumlah banyaknya produk atau barang yang diminta oleh konsumen. 

Hukum Permintaan dan Penawaran

Hukum Penawaran yaitu di satu sisi, hukum penawaran menyatakan bahwa semakin tinggi harga barang, semakin banyak penawaran dari penjual.

Hukum Permintaan yaitu di sisi lain, hukum permintaan menyatakan bahwa semakin tinggi harga, semakin rendah pembelian dari konsumen.

Ketika biaya barang naik/turun, jumlah barang yang diproduksi dan dijual oleh produsen masing-masing turun/naik. 

Ketika biaya barang meningkat/menurun, jumlah barang yang dibeli oleh konsumen masing-masing berkurang/meningkat.

Apa itu Kurva Penawaran dan Permintaan?

Kurva penawaran dan permintaan akan mengharuskan kita untuk mempertimbangkan kurva penawaran dan kurva permintaan secara independen.

Kurva Penawaran

Kurva penawaran salah satu bentuk dari representasi yang menyatakan korelasi biaya dari penggunaan jasa atau barang dengan kuantitas yang sudah ditawarkan kepada konsumen pada jangka waktu tertentu.

Kurva penawaran memunculkan unsur harga pada sumbu vertikal kiri kemudian kuantitas produk di sumbu horizontal yang kurvanya bergerak ke atas dari bagian kiri ke kanan.

Pada sebagian besar disiplin ilmu, variabel bebas muncul pada sumbu horizontal atau sumbu x, tetapi ekonomi merupakan pengecualian untuk aturan ini.

Jika harga kedelai naik, petani akan memiliki insentif untuk menanam lebih sedikit jagung dan lebih banyak kedelai, dan jumlah total kedelai di pasar akan meningkat.

Kurva Permintaan

Kurva permintaan ini berupa bentuk grafis dari hubungan antara harga barang atau jasa dengan kuantitas yang diminta oleh konsumen dalam jangka waktu yang telah ditentukan. 

Kurva permintaan memunculkan sumbu harga yang akan muncul pada sumbu vertikal kiri kemudian jumlah yang diminta pada sumbu horizontal. 

Memahami Kurva Permintaan

Kurva permintaan bergerak ke bawah dari arah kiri menuju kanan yang sudah pasti menyatakan hukum permintaan saat harga komoditas bertambah atau meningkat maka jumlah produk yang diminta kemudian menurun.

Misalnya, jika harga jagung naik, konsumen akan memiliki insentif untuk membeli lebih sedikit jagung dan menggantinya dengan makanan lain, sehingga jumlah total permintaan konsumen jagung akan turun.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Sementara pasokan bisa berhubungan dengan apa pun yang memiliki permintaan pasar yang kompetitif, biasanya dibicarakan dalam konteks barang, tenaga kerja, atau jasa.

Penawaran adalah sebuah konsep yang diukur melalui banyak rumus dan ditentukan melalui berbagai faktor. 

  1. Harga Satu Produk

Salah satu faktor yang sangat penting adalah harga suatu produk karena memainkan peran penting dalam proses pasokan. Kita sering mengamati bahwa penawaran meningkat dengan kenaikan harga. 

  1. Bahan Baku dan Tenaga Kerja

Selain barang utama, harga bahan baku dan tenaga kerja juga mempengaruhi penawaran. Lagi pula, harga barang atau jasa terkait juga berkontribusi pada harga keseluruhan barang utama.

  1. Harga Komoditas yang diberikan:

 Faktor terpenting yang menentukan penawaran suatu komoditas adalah harganya. Sebagai aturan umum, harga komoditas dan penawarannya berhubungan langsung. 

Artinya, ketika harga naik, jumlah yang ditawarkan dari komoditas yang diberikan juga meningkat dan sebaliknya. Hal ini terjadi karena pada harga yang lebih tinggi, peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Ini mendorong perusahaan untuk menawarkan lebih banyak untuk dijual di pasar.

  1. Harga Faktor Produksi (input)

Ketika jumlah yang harus dibayarkan kepada faktor-faktor produksi dan biaya input meningkat, biaya produksi juga meningkat. Ini menurunkan profitabilitas. 

Akibatnya, penjual mengurangi pasokan komoditas. Di sisi lain, penurunan harga faktor produksi atau input, meningkatkan pasokan karena turunnya biaya produksi dan selanjutnya kenaikan margin keuntungan.

  1. Kebijakan Pemerintah (Kebijakan Perpajakan):

Kenaikan pajak meningkatkan biaya produksi dan, dengan demikian, mengurangi pasokan, karena margin keuntungan yang lebih rendah. Di sisi lain, konsesi pajak dan subsidi meningkatkan pasokan karena membuat lebih menguntungkan bagi perusahaan untuk memasok barang.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Dengan meningkatnya pasokan, harga cenderung turun karena permintaan yang terus berlanjut. Secara teoritis, pasar akan mencapai titik keseimbangan dimana penawaran sama dengan permintaan pada titik harga tertentu. Oleh karena itu, penawaran dan permintaan dikatakan sangat erat kaitannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan adalah:

  1. Pendapatan

Peningkatan pendapatan disposabel memungkinkan konsumen untuk mampu membeli lebih banyak barang. Pendapatan yang lebih tinggi dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti upah yang lebih tinggi dan pajak yang lebih rendah.

  1. Kualitas 

Peningkatan kualitas yang baik misalnya kualitas kamera digital yang lebih baik mendorong orang untuk membeli satu.

  1. Iklan

Iklan dapat meningkatkan loyalitas merek terhadap barang dan meningkatkan permintaan. Misalnya, pengeluaran yang lebih tinggi untuk iklan .

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, hukum, kurva, dan faktor permintaan dan penawaran maka akan membantu menganalisis kemampuan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

Gimana sudah jelas materi tentang permintaan & penawaran? Jika sudah, saatnya lanjut pelajari materi lain ya! Bisa simak materinya disini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.