Tips Jualan di Tiktok

Pada era perkembangan teknologi yang pesat, manusia dituntut lebih kreatif dalam menjalankan kehidupannya salah satunya dalam berbisnis. Jika terus-menerus melakukan segala cara dengan konsep konvensional lambat laun bisnis akan tergerus.

Demi mengikuti arus zaman gunakanlah sosial media untuk berbisnis, Tiktok contohnya. Dengan mengikuti tips jualan di TikTok, keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda. Apalagi, semakin hari semakin banyak saja orang yang download video TikTok sehingga produk Anda berpeluang berada tersimpan dan ada di galeri HP banyak orang.

Tiktok pada dasarnya digunakan untuk mengunggah video entah itu pembahasan yang santai atau serius. Banyak konten menarik yang disuguhkan oleh konten kreator yang kreatif mulai dari hiburan, tips dan trik, hingga challenge yang sering tiba-tiba booming. Peminatnya yang banyak, tidak aneh jika mulai banyak pengguna yang menggunakan akun Tiktok untuk berjualan. Manfaatkan tips untuk berjualan di Tiktok berikut ini untuk menarik minat calon pembeli.

Setting Tiktok Menjadi Akun Bisnis

Developer Tiktok selalu berusaha untuk meningkatkan fitur yang ada pada aplikasinya dengan melihat minat pengguna Tik Tok. Berkat ramainya orang yang berjualan di Tiktok, pengembang menghadirkan fitur TikTok for Business yang bisa digunakan agar akun yang berjualan terkesan lebih profesional. Tips jualan di TikTok yaitu dengan mengubah akun menjadi akun bisnis, ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke akun Tiktok yang akan dijadikan akun bisnis.
  • Tekan “Saya” yang terletak di halaman utama.
  • Pengguna akan menemukan titik tiga yang terletak dibagian atas pojok kanan. Pada menu titik tiga tersebut akan ada pilihan “Kelola Akun Saya”. Klik pada pilihan tersebut.
  • Untuk menjadikannya akun bisnis klik pada “Alihkan ke Akun Bisnis”. Pengguna dapat memilih kategori yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.
  • Untuk kelengkapan, ubah profil dan masukkan keterangan bisnis pada bio. Bisnis yang memiliki situs web pun dapat mencantumkan linknya disana.

Rajin Mengunggah Konten yang Menarik

Tiktok merupakan aplikasi berbagi video, tentu pemilik bisnis harus sering mengenalkan dirinya pada pengguna lain. Cara mengenalkannya tentu dengan membagikan konten kreatif miliknya. Agar tidak terkesan kaku dan membosankan, konten yang diunggah bisa mengenai banyak hal dan tidak selalu tentang produk/jasa yang dijual.

Pengguna bisa mengaitkan konsep video dengan produk yang dijual sebagai cara pemasaran yang halus. Rajin mengunggah video, akun bisnis ini berkesempatan untuk bisa muncul di laman pengguna lain. Konten yang unik dan menarik juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat pengguna penasaran hingga mengunjungi akunnya.

Hal yang penting diperhatikan adalah tema dan konsep yang diusung pada konten. Pemilik bisnis perlu menentukan target pasar yang dituju agar bisa mengusung konsep yang sesuai. Ini merupakan tips jualan di TikTok agar sistem mendeteksi akun dengan tepat. Hasilnya, unggahan pemilik bisnis akan direkomendasikan pada pengguna lain yang memiliki ketertarikan pada tema yang sama.

Memasang Iklan melalui TikTok Ads

Tips jualan di TikTok selanjutnya yaitu memasang iklan alias TikTok Ads. Pengguna yang memasarkan produk atau jasanya melalui Tiktok diberikan kemudahan berpromosi melalui TikTok Ads. Dibuatnya sistem ini, kegiatan pemasaran akan semakin terbantu. Ada berbagai jenis Tiktok Ads yang tersedia, diantaranya:

  • Ads yang akan muncul ketika pemilik akun membuka laman Tiktok dan menggulirkan feed ke atas dan ke bawah disebut In-Feed Ads.
  • Iklan video yang akan tampil pada saat aplikasi baru dibuka disebut Pre-roll Ads.
  • Tagar yang digunakan untuk menarik pengguna lain memakai tagar yang sama pada postingan konten video disebut Promoted hashtag challenges.

Bangun Networking dengan Akun Lain

Tidak ada salahnya sering mengomentari akun pengguna lain yang kontennya muncul pada laman TikTok pengguna. Buat komentar positif agar berkesan pada pengguna tersebut sehingga akun itupun akan melakukan hal yang sama. Hal ini sangat berguna untuk membuat interaksi agar bisnis semakin dikenal. Menunjukkan sikap yang hangat bisa memunculkan rasa pertemanan di antara akun-akun yang saling berhubungan.

Meski tidak mengenal langsung, bisa jadi mereka mau membantu pengguna yang berjualan di TikTok. Bisa dengan memberikan like, komentar pada akun bisnis bahkan ikut membeli produk yang dijual. Adanya interaksi yang baik, pengguna lain tidak akan merasa terpaksa untuk ikut aktif mempromosikan akun bisnis pengguna.

Itulah berbagai tips jualan di Tiktok yang bisa dilakukan. Hal-hal di atas memiliki pengaruh yang signifikan jika dilakukan sedari dini. Di samping itu semua dibutuhkan juga keterampilan dalam membuat akun yang mampu menarik perhatian banyak pengguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *