Memilih Keramik Kamar Mandi

Jika dipikir-pikir, kamar mandi merupakan salah satu tempat yang seringkali kita gunakan, bukan? Bisa dibilang, bahwa kamar mandi termasuk tempat yang begitu penting bagi banyak orang.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita membuat kamar mandi agar tampak cantik serta nyaman untuk digunakan.

Nah, berikut ini ada 6 tips memilih keramik supaya kamar mandi kamu jadi semakin terlihat bagus, cantik dan menarik!

6 Hal Yang Perlu di Perhatikan Ketika Memilih Keramik Kamar Mandi

1. Pemilihan Ukuran Keramik

Nah, pertama-tama kita perlu tentukan dulu ingin ukuran keramik seperti apa?

Sebab belakangan ini telah muncul keramik dengan beragam jenis ukuran, ada yang ukurannya kecil, sedang, hingga besar.

Serta perlu diingat, kalau ukuran keramik itu harus disesuaikan dulu dengan ukuran luas kamar mandi kamu, ya!

Jika ukuran kamar mandi kamu luas, sebaiknya menggunakan keramik berukuran besar. Sedangkan jika ukuran kamar mandi kamu minimalis, lebih tepatnya menggunakan keramik berukuran sedang ataupun kecil seperti mozaik.

2. Pilih Motif Warna yang tidak Mudah Kotor

Sumber gambar : rumah.com

Banyak sekali pilihan warna maupun motif keramik yang kini dijual di pasaran. Kamu bisa bebas memilih sesuka hati.

Apalagi jika memilih warna keramik yang tepat, maka dapat memberikan kesan elegan di dalam kamar mandi!

Namun, perlu diperhatikan juga, kalau motif keramik untuk lantai kamar mandi sebaiknya pilih yang warnanya agak gelap. Contohnya seperti warna merah maroon, biru tua, hitam, dll. Sebab warna-warna demikian terkesan tak mudah kotor lho! Berbeda sekali kan jika warna keramiknya cerah seperti putih yang sekali kotor pasti akan terlihat jelek. Untuk ide desain keramik kamar mandi lainnya Anda bisa mengunjungi site dijabodetabek.id

3. Bandingkan Berat Keramik

Salah satu cara untuk mengetahui apakah keramik itu berkualitas baik atau tidak adalah dengan mengetahui beratnya.

Caranya pun cukup mudah, coba saja kamu angkat dan bandingkan dua buah keramik yang memiliki ukuran sama. Kemudian, jika di antara dua kemarik itu ada yang mempunyai massa lebih berat, berarti itu menandakan keramik tersebut berkualitas bagus.

Bisa dibilang, semakin berat, maka semakin bagus!

4. Bunyi nyaringnya keramik

Sumber gambar : andalan68.wordpress.com

Nah, selain membandingkan berat, kamu juga bisa mengecek bagus tidaknya keramik dengan mengetes suaranya lho!

Caranya sama seperti sebelumnya, kamu hanya perlu dua buah keramik dengan ukuran yang sama. Lalu kemudian diketuk-ketuk dengan tangan untuk mengetahui bunyinya.

Jika dua keramik yang kamu ketuk menimbulkan dua suara berbeda. Maka, yang bagus kamu pilih adalah keramik yang suaranya lebih nyaring. Sebab keramik yang menghasilkan suara nyaring berarti kualitasnya lebih baik, dibandingkan dengan keramik yang menimbulkan suara berat.

5. Kwalitas Anti Gores

Hal penting selanjutnya adalah mengecek ketahanan permukaan keramik terhadap goresan.

Dalam hal ini, kamu cuma perlu menggunakan beberapa benda logam seperti kunci juga karpu. Kemudian digesekkan pada permukaan keramik.

Jika setelah digores permukaan keramik tampak meninggalkan bekas, maka keramik itu bisa dibilang berkualitas kurang bagus.

Begitu pula sebaliknya, kalau keramik tetap tidak memiliki bekas meski telah digesek berkali-kali, berarti kualitas anti gores keramik itu bisa dikatakan sangat baik. Mudah, kan?

6. Daya Serap Air

Berdasarkan daya serapnya, keramik dibagi menjadi dua jenis. Ada yang bisa menyerap air dan ada yang tidak bisa menyerap (alias menolak air).

Sebelum membeli keramik, alangkah baiknya jika diperiksa dulu daya serapnya dengan cara meneteskan air pada bagian belakang keramik.

Lalu perlu juga diperhatikan. Untuk penggunaan keramik di daerah yang akan sering terkena air, seperti di dapur dan kamar mandi, sebaiknya Anda memilih keramik yang bagian belakangnya menolak air.

Sedangkan untuk keramik yang akan digunakan pada tempat kering seperti kamar tidur ataupun dinding, maka lebih tepatnya memilih keramik yang bagian belakangnya bisa menyerap air.

Nah, itulah tadi 6 tips dalam memilih keramik kamar mandi!

Jika kalian mengikuti semua tips-tips di atas, maka sudah pasti kamar mandi kamu bukan hanya akan menjadi cantik saja. Tetapi kamar mandi kamu juga akan menjadi tahan lama. Sebab keramik-keramik yang kamu pilih adalah yang berkualitas bagus. Bener, kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *