Urutan-Merk-HP-Berdasarkan-Kualitas

7 Urutan Merk HP Berdasarkan Kualitas

Saat ini, pasar smartphone di Indonesia penuh dengan berbagai merek HP baru yang lagi trending. Misalnya, POCO, Infinix, Redmi, dll. Karena kebanyakan pilihan, banyak pembeli yang akhirnya pusing saat memilih.

Apa merek HP yang bagus dan awet? Pertanyaan semacam ini tentu sering terlintas di dalam benakmu, bukan? Kami bantu mencari jawabannya.

Melansir dari updatetekno.com, merek HP berkualitas selalu menghasilkan dan menjaga kualitas produk mereka dengan sangat hati-hati. Dan setiap tahunnya, selalu melakukan inovasi baru untuk meningkatkan kualitas smartphone mereka. Mulai dari peningkatan desain ponsel yang lebih modern dan elegan. Peningkatan kinerja prosesor agar andal hingga peningkatan kualitas kamera agar lebih jernih dan tajam.

Dari standar, kami memeringkat 7 urutan merk Hp berdasarkan kualitas. Penasaran apa saja merek HP yang masuk di dalam daftar urutan merek Hp terbaik berdasarkan kualitas? Yuk, lanjut baca.

1. iPhone

Merek Hp iPhone masih menduduki peringkat #1 smartphone terbaik dan terpopuler di Indonesia. Hal ini bukan kebetulan belaka, karena merek iPhone telah menjaga kualitas dan eksklusivitas produknya hampir 1 dekade. Jadi, merek HP ini sudah mengakar sangat kuat di dalam benak pencinta ponsel di Indonesia, sebagai ponsel mewah yang keren dan elegan.

Apakah tidak ada yang bisa menyaingi merek iPhone? Tentu ada. Tapi, dalam pertandingan adu merek, iPhone selalu keluar sebagai juaranya.

Kenapa bisa begitu?

  • Pertama, iPhone memiliki desain ponsel yang khas dan elegan. Misalnya, pada seri iPhone 11, body ponsel terbuat dari material aluminium dan kaca. Dengan keunikan tersebut, menambah prestige dan kebanggaan bagi pemiliknya.
  • Kedua, iPhone memegang banyak paten inovasi smartphone. Sehingga, iPhone selalu menawarkan teknologi baru pada produk-produknya.
  • Ketiga, iPhone membangun merek dagangnya dengan kuat. Mulai dari komunitas, ekosistem aplikasi, eksklusivitas hingga layanan purna jual. Sehingga, banyak fans yang selalu menunggu-tunggu produk unggulan iPhone.

Tertarik untuk memiliki produk iPhone?

Seri ponsel iPhone yang terbaru dan terpopuler saat ini adalah iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max. Harganya cukup mahal sih, tapi worth it untuk dibeli.

2. Samsung

Urutan merek HP berdasarkan kualitas yang menduduki peringkat #2 adalah Samsung. Samsung merupakan merek ponsel asal Korea Selatan yang sangat populer berkat kesuksesan produk smartphone Samsung Galaxy S.

Ponsel merek Samsung sangat populer di Indonesia. Karena produk Samsung awet, desainnya bagus dan harga jual kondisi bekasnya masih tinggi. Artinya, merek Samsung memiliki asosiasi sebagai merek ponsel berkualitas di masyarakat Indonesia.

Keunggulan lain dari Samsung adalah layanan purna jual yang baik. Di mana, service center Samsung sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Artinya, Samsung benar-benar menjaga ekosistem pasar Samsung di Indonesia. Dengan begitu, fans Samsung akan semakin loyal dengan brand favorit mereka.

Mungkin kamu bertanya, apa saja sih keunggulan dari HP merek Samsung?

  • Ponsel Samsung canggih, punya desain futuristik dan awet.
  • Klasifikasi produk Samsung sangat mudah, jadi pembeli mudah memilih produk yang mereka sukai. Misalnya, Samsung seri M dan A mewakili produk entry dan mid-level dari merek Samsung. Dan untuk produk high-end, Samsung mengklasifikasikan produknya ke seri S.
  • Brand Samsung memiliki sistem operasi khusus yang stabil dan mudah digunakan, yaitu One UI.
  • Harga jual ponsel Samsung second tidak terlalu jatuh. Artinya, kalau kamu suka gonta-ganti HP, harga jual HP bekasmu masih tergolong tinggi.
  • Punya agen distribusi dan service center yang banyak di Indonesia.

Tertarik memiliki HP merek Samsung? Untuk saat ini seri terlaris adalah Samsung Galaxy S21 Ultra dan Samsung Galaxy M52 5G. Yuk, beli sebelum kehabisan.

3. Huawei

Merek Hp berkualitas selanjutnya adalah Huawei. Huawei merupakan perusahaan smartphone asal China yang sukses melebarkan sayap bisnisnya ke kancah manca negara, salah satunya ke Indonesia.

Kiprah Huawei semakin mentereng setelah penjualan ponsel Huawei terus meroket sepanjang tahun karena inovasinya yang tiada henti. Namun, naasnya, Huawei terkena konflik di USA sampai terkena sanksi tidak bisa menggunakan layanan Google.

Namun, Huawei tidak bangkrut, Huawei malah terus mencoba lini inovasi baru, misalnya:

  • Menciptakan HarmonyOS khusus untuk ponsel Huawei.
  • Menggandeng Leica untuk menciptakan kamera ponsel yang lebih mumpuni.
  • Meningkatkan berbagai aspek penting di dalam produknya, mulai dari desain, prosesor hingga layar.

Intinya, Huawei mulai membangun ekosistemnya secara mandiri. Dan mengikuti jejak iPhone dan Samsung dalam memonopoli pasar global.

Dengan desain elegan, ponsel canggih Huawei mampu memikat banyak pengguna di Indonesia. Sehingga, merek Huawei menjadi salah satu merek HP berkualitas yang menempati urutan tinggi di Indonesia.

4. Xiaomi

Xiaomi merupakan salah satu merek HP yang paling banyak diminati di Indonesia. Pasalnya, Xiaomi selalu menghadirkan ponsel-ponsel berkinerja tinggi dengan harga relatif murah. Makanya, HP merek Xiaomi sangat diminati kalangan menengah-bawah di Indonesia.

Bukan hanya terkenal sebagai merek HP murah, Xiaomi juga sering menjadi pendobrak tatanan pasar. Salah satunya, Xiaomi X POCO yang meluncurkan POCO M3. Ponsel POCO M3 menjadi new entry level killer. Harga HP relatif murah, tapi performanya seperti HP harga 3 jutaan. Gila sih ini!

Kepopuleran Xiaomi di Indonesia semakin tidak terbendung saat Xiaomi menggelar flashsale pada peluncuran produknya. Produk bagus, dijual murah dalam waktu terbatas. Ludes, diserbu Mi Fans Indonesia. Hehe.

Adakah kelebihan lain dari brand Xiaomi selain harga murah? Ada.

  • Xiaomi punya sistem operasi sendiri, MIUI, yang tampilan UInya cakep.
  • Xiaomi punya Mi Fans dalam jumlah besar dan dukungan komunitas yang kuat.
  • Xiaomi selalu menawarkan inovasi ponsel baru yang lebih canggih dengan harga lebih murah.

Biarpun merek Xiaomi belum bisa setara dengan iPhone dan Samsung, namun merek Xiaomi termasuk urutan merek HP berkualitas di Indonesia.

5. OPPO

Kita beralih ke merek OPPO. OPPO merupakan perusahaan smartphone yang berasal dari China. Pendiri dari OPPO adalah Tony Chen. Setelah sukses merajai pasar dalam negeri, OPPO melebarkan sayapnya ke manca negara. Salah satunya di Indonesia.

Menurut hasil investigasi kami, OPPO menduduki peringkat #2 total market share di Indonesia dengan perolehan sebesar 21,97%. Besaran market share ini menunjukkan bahwa produk OPPO banyak diminati oleh orang Indonesia, khususnya kaum hawa.

Untuk mempertahankan pencapaiannya, OPPO terus melakukan inovasi produk tiada henti. Bahkan dalam setahun, OPPO berani mengeluarkan HP seri baru sebanyak 7 kali. Entah, seri baru di kelas low end, mid level maupun high end.

Jalur inovasi yang dipilih OPPO mirip dengan Xiaomi. OPPO menjual HP baru dengan desain elegan, performa bagus dan harga kompetitif. Tapi sayangnya, usia produk OPPO relatif lebih pendek dibandingkan merek Samsung. Artinya, penggemar OPPO akan terus menanti HP baru dan melupakan seri lama.

Poin positifnya, pengguna akan selalu mendapatkan tren HP baru setiap musim. Mirip dengan fashion pakaian. Tapi, poin positifnya, setelah HP seri baru muncul harga jual OPPO second langsung anjlok parah.

6. Vivo

Mengusung slogan “Your Inspiration of Perfect Selfie”, merek Vivo menjadi peringkat #6 urutan merek HP berdasarkan kualitas. Di tengah padatnya persaingan industri ponsel tanah air, Vivo mengambil langkah berani dengan menjadi beda.

Dari pada kejar-kejaran dalam inovasi ponsel murah, Vivo memilih spesialisasi sebagai ponsel dengan kamera super tajam dan jernih. Lihat saja, debut iklan di Indonesia yang menggandeng artis Afgan. Vivo mulai mengambil jarak dari pesaingnya dan fokus melabeli dirinya sebagai ponsel dengan kamera terbaik.

Nggak tanggung-tanggung, Vivo bekerja sama dengan pembuat lensa Zeiss dari Jerman untuk menyukseskan ambisinya. Dengan memiliki lensa terbaik Vivo semakin melenggang menjadi ponsel dengan kemampuan fotografi yang memukau.

Kami kagum dengan desain, kamera dan chipset dari Vivo. Kombinasinya selalu seimbang untuk menunjang performa fotografi ponselnya. Maka dari itu, merek Vivo layak masuk secara salah satu dari 7 urutan merek HP berkualitas.

7. Realme

Urutan merek HP berdasarkan kualitas yang terakhir adalah Realme. Mungkin, beberapa dari kamu sedikit asing mendengar brand smartphone Realme. Maka dari itu, kami akan menjelaskan sedikit sejarah singkat Realme.

Realme didirikan oleh Sky Li dan Madhav Sheth. Awalnya, dulu Realme bergabung dengan OPPO dengan nama OPPO Real. Dan menelurkan berbagai inovasi ponsel yang menarik.

Tapi sayang, kerjasama itu tidak berlangsung lama. Pada 4 Mei 2018, Sky Li memutuskan untuk mengakhiri kerjasama OPPO Real. Dan akhirnya, Sky Li dan Madhav Sheth mendirikan perusahaan baru bernama Realme di China.

Jadi, Realme itu produsen ponsel baru ya? Iya. Realme adalah merek ponsel yang tergolong baru. Biarpun masih tergolong brand baru, tapi Realme termasuk dalam urutan #7 merek HP berkualitas.

Kok bisa?

Kami membandingkan berbagai produk Realme dengan ponsel-ponsel merek lain di kelasnya. Dan hasilnya sangat mengejutkan. Ponsel Realme memiliki kinerja yang tinggi.

Kalau boleh bilang, HP Realme dapat menyaingi produk Xiaomi di kelasnya. Tapi sayangnya, material yang dipakai dari merek ponsel Realme masih kurang. Jika nantinya, Realme bisa berkembang lebih besar lagi, kami rasa kualitas perangkatnya akan meningkat pesat.

Apa kelebihan lain dari merek Realme?

  • Pertama, Realme memiliki ROM khusus yang kaya akan fitur. ROM terbaru yang diluncurkan adalah Realme UI 3.0.
  • Kedua, Realme berani menawarkan ponsel dengan refresh rate tinggi dengan harga relatif murah.
  • Ketiga, Realme memiliki performa ponsel yang tinggi.

Tertarik memiliki ponsel Realme? Segera beli di gerai terdekat.

Itulah 7 urutan merek HP berdasarkan kualitas. Mana merek HP favoritmu? Tulis opinimu melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *