vitamin kucing yang dijual di apotik

Vitamin Kucing yang Dijual di Apotik

Agar kucing semakin sehat, kamu bisa memberikan vitamin untuk kucing. Beberapa vitamin memang hanya ada di klinik dokter hewan. Namun, klinik dokter hewan belum tersebar secara merata. Lalu, adakah alternatif lainnya? Ada, ke apotek saja. Ada kok vitamin yang aman untuk kucing yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat. Berikut 10 vitamin kucing yang dijual di apotik yang kami kutip dari goldenmaze.net.

1. VCO (Virgin Coconut Oil)

Virgin coconut oil atau VCO banyak kamu temukan di apotek. Jenis minyak ini ada yang bisa dikonsumsi secara langsung dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, benarkah aman untuk kucing?

VCO memiliki kandungan anti bakteri, anti inflamasi, antifungal, antiviral. Kandungan gizi tersebut membantu mengatasi masalah pada pencernaan dan mengurangi hairball pada kucing. Bahkan, VCO juga bagus untuk kucing senior untuk menjaga kesehatan otak.

Walaupun begitu dan banyak yang menyarankan menggunakan VCO, akan lebih baik kalau kamu konsultasi dulu dengan dokter hewan.

Kenapa? Karena kondisi setiap kucing itu berbeda. Bisa jadi, kucing kamu tidak cocok dengan VCO dan justru membuat kesehatan kucing menurun.

Belum lagi, setiap VCO memiliki kandungan, bau dan tingkat kekentalan yang berbeda. Jadi, akan lebih baik dan aman untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter hewan.

Bagaimana cara menggunakan VCO? VCO bisa diaplikasikan langsung pada kulit atau dengan diminumkan secara langsung.

Untuk mengaplikasikan pada kulit, kamu bisa mengoleskan VCO sebanyak 2x selama 3 hari. Pastikan kamu mengoleskan tipis-tipis saja agar bulu tidak lengket. Kemudian, bisa dilanjutkan hingga 2-4 minggu.

Sedangkan untuk oral, pastikan usia kucing minimal 3 bulan dan beri jenis VCO yang dapat dikonsumsi. Untuk dosisnya sendiri, disesuaikan dengan kondisi kucing kamu.

Banyak yang menyarankan untuk memberi 1 ml VCO setiap hari ketika masa penyembuhan dan 1-2x seminggu saat sehat. Walaupun begitu, sebaiknya sesuai dengan saran dokter hewan agar kesehatan kucing tetap terjaga.

2. Vitamin B Complex IPI

Vitamin B Compleks IPI termasuk jenis vitamin yang paling banyak dikonsumsi manusia. Manfaatnya adalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks pada tubuh.

Namun, tahukah kamu kalau jenis vitamin IPI ini bisa diberikan juga untuk kucing? Kalau belum tahu, sini, kami beri tahu.

Vitamin B Compleks IPI sebaiknya diberikan ke kucing yang berusia minimal 4 bulan. Dosis yang disarankan adalah 1 tablet per harinya. Jika pun harus diberikan ke kucing yang usianya di bawah 4 bulan, maka berikan saja vitamin dengan dosis ½ tablet ya.

Apakah bisa dilakukan dengan rutin? Tidak.

Kamu hanya boleh memberikan Vitamin B Compleks IPI sebanyak 1 hari sekali ketika kucing sakit atau di masa penyembuhan. Setelah sehat, dosisnya menjadi 1x dalam 1 minggu dan lakukan secara rutin.

Untuk memberikan vitamin IPI ke kucing, kamu bisa memilih salah satu cara berikut:

  • Langsung diberikan ke kucing.
  • Menghancurkannya lalu mencampurkannya ke makanan atau air.

3. Stimuno

Stimuno termasuk salah satu vitamin yang kerap dijadikan pilihan oleh mania untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena vitamin ini memiliki kandungan ekstrak Echinacea.

Apakah aman untuk kucing? Banyak dokter hewan yang menyarankan pemilik kucing untuk menggunakan vitamin perangsang imunitas (imunomodulator) ini.

Sayangnya, kamu perlu konsultasi dulu dengan dokter hewan terutama jika kucing kamu punya masalah kesehatan.

Jika cocok, berapa dosisnya? Dosis pemberian Stimuno adalah 1 ml per hari untuk kucing dewasa.

4. Imbooost Kids

Imboost Kids juga bisa menjadi alternatif vitamin agar kucing tidak mudah sakit. Walaupun begitu, vitamin dengan ekstrak Echinacea ini hanya disarankan untuk kucing sehat dan tidak dalam jangka waktu lama.

Kenapa? Karena pada dasarnya, Imboost Kids diformulasikan untuk manusia dan memiliki kandungan obat kimia. Jika diberikan ke kucing dalam waktu panjang, kucing bisa mengalami autoimun.

Untuk pemberian, berikan 1 kali sehari setelah makan dengan dosis berikut:

  • Kitten dengan berat 1-2 kg: 0,5 ml.
  • Dewasa: 1 ml per 3 kg.

5. Curcuma Plus

Curcuma Plus merupakan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan, membantu pertumbuhan serta menjaga kesehatan. Hal itu disebabkan karena dalam suplemen ini terdapat kandungan curcuma, minyak ikan, kalsium, vitamin A, B kompleks, D.

Curcuma Plus hanya bisa diberikan untuk kucing yang sudah berusia minimal 2 bulan. Untuk pemberiannya hanya 1x per hari dengan dosis 0,2 ml untuk kitten, 0,5 ml untuk kucing dewasa.

Sebagai catatan tambahan, sebaiknya kamu tidak memberi Curcuma Plus dalam waktu panjang. Hal ini karena kandungan kimia pada suplemen bisa merusak ginjal kucing.

6. Madu

Madu bisa dikatakan sebagai vitamin kompleks karena bisa mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu kandungannya adalah L-Mesitran yang baik untuk proses penyembuhan kucing.

Pemberian madu untuk kucing tidak bisa sembarangan. Kenapa? Karena ada madu yang sudah dicampur dengan pemanis dan pengawet buatan.

Jika tidak punya madu murni, kamu perlu menggunakan air lebih banyak untuk mengencerkan madu. Misalnya ½ hingga 1 sdt madu dengan 5 sdm air. Karena jika tidak, kandungan gula pada madu bisa jadi berpengaruh buruk pada kesehatan kucing.

Untuk dosisnya, kamu bisa memberikan 2 sdt madu yang dicampurkan dengan air minum ke kucing dewasa.

Setelah pemberian, cek apakah ada efek samping seperti diare, muntah dan lemas. Jika cocok, maka berikan 2-3 kali dalam seminggu.

7. Cyproheptadine (Periactin)

Cyproheptadine (Periactin) termasuk obat alergi dan asma untuk manusia. Jika diberikan ke hewan seperti kucing, Cyproheptadine bisa digunakan untuk menambah nafsu makan hewan.

Dosis yang diperbolehkan adalah:

  • 1-4 mg/kg sebanyak 1-2x sehari untuk kucing dewasa.
  • 0,35-1 mg/kg sebanyak 1-2 kali sehari untuk kitten.

Namun, sebelum kamu memberikan Cyproheptadine, kamu perlu konsultasi ke dokter hewan.

Kenapa? Karena obat ini bisa membuat kucing mengalami masalah jantung, saluran kemih, glaukoma. Maka dari itu, Cyproheptadine tidak boleh diberikan ke kucing hamil dan menyusui.

8. Scott Emulsion

Scott Emulsion memiliki kandungan vitamin A dan D yang bagus untuk tubuh manusia. Walaupun begitu, tidak sedikit dokter hewan dan para pemilik kucing memberikan Scott Emulsion ke kitten agar lebih sehat.

Dalam pemberiannya, kamu tidak boleh memberikan Scott Emulsion lebih dari 1x sehari agar tidak overdosis.

Lantas berapa dosisnya? Ada 3 versi yang kami temukan dari para pemilik kucing yang menggunakan Scot Emulsion, yaitu:

  • 1 cc per hari untuk kitten.
  • 2 sdt.
  • 1/10 dosis manusia.

Jika kamu masih ragu, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter hewan dulu ya. Karena bisa saja kucing kamu sedang kurang sehat sehingga tidak boleh diberi Scott Emulsion.

9. Elkana CL

Elkana CL merupakan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan. Suplemen dengan minyak hati ikan kod ini bisa diberikan ke kucing, baik kitten atau kucing dewasa.

Dosis yang bisa kamu berikan, yaitu 2 cc per hari, masing-masing 1 cc di pagi dan sore hari.

10. Minyak Ikan

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3 sehingga sangat baik untuk kucing. Misalnya agar bulunya menjadi lebih sehat dan mengurangi gatal kulit.

Untuk pemberiannya, kamu bisa mengawali dengan ½ kapsul minyak ikan terlebih dahulu. Campur minyak ikan ke makanan basah. Setelah pemberian, amati apakah kucing kamu mengalami masalah seperti muntah atau tidak.

Jika iya, maka hentikan pemberian. Jika tidak, maka naikkan dosisnya menjadi 1 kapsul lalu dicampur ke makanan basah. Berikan selama 1-3 hari dulu.

Jika setelah itu, kucing kamu tetap sehat, maka kamu bisa memberikan 1 kapsul minyak ikan per harinya ke kucing kamu.

Dari 10 pilihan vitamin di atas, kamu pernah menggunakan vitamin yang mana? Apakah benar-benar manjur atau tidak? Jangan ragu untuk membagi pengalaman kamu di kolom komentar ya! See you!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *