Rekomendasi-Tempat-Wisata-Alam-Terbaik-di-Jawa-Timur

7 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Terbaik di Jawa Timur

Wisata alam kerap dipilih sebagai destinasi wisata untuk menenangkan pikiran dari permasalahan kota. Dengan pemandangan alam yang memukau, membuat wisatawan tidak pernah bosan berwisata alam. Salah satu kawasan yang memiliki wisata alam terbaik adalah Jawa Timur.

Oleh karena itu, kami akan memberikan informasi mengenai wisata alam yang ada di Jawa Timur. Sehingga, kamu bisa menjadikannya sebagai referensi berlibur. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Jawa Timur:

1. Kawah Ijen

wisata-Jawa-Timur-Kawah-Ijen
(sumber: instagram.com/yukbanyuwangi/)
LokasiJawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 03.00-12.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000 (hari biasa) dan Rp7.500 (hari libur).
Obyek wisata menarik disekitar area wisataBendungan Kawah Ijen, Ijen Sunrise Point, dan Kawah Ijen Tourism.

Sejatinya, Kawah Ijen terbentuk karena adanya letusan Gunung Ijen. Sehingga mengakibatkan kawah tersebut menjadi penuh dengan air dan membentuk danau yang sangat indah. Lebih menariknya lagi, Kawah Ijen berada di tengah kaldera yang memiliki diameter 6 km. Dengan ukuran kurang lebih 900 meter x 600 meter dan kedalaman sekitar 200 meter membuatnya semakin memukau.

Meskipun akses jalan yang terbilang tidak mudah, namun pengunjung destinasi wisata ini tidak pernah sepi. Bahkan, malah semakin bertambah. Kawah Ijen adalah wisata yang cocok untuk melakukan pendakian. Jadi bagi kamu yang gemar mendaki, maka wajib untuk mencoba wisata alam yang satu ini. Sebab, kamu tidak akan kecewa jika berkunjung.

Danau besar berwarna biru yang dilengkapi dengan belerang dan kabut asap sekitar, terlihat sangat memesona. Dengan udara dingin yang mencapai suhu 10 derajat Celsius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat lebih dingin dari biasanya. Sehingga, kami sarankan agar kamu membawa dan mengenakan jaket tebal ketika berkunjung.

Untuk masuk ke kawasan Kawah Ijen, maka kamu harus membayar tiket masuk. Harga tiket tersebut adalah sebesar RP5.000 untuk hari biasa dan RP7.500 untuk hari libur. Kamu bisa mengajak orang terdekat untuk berlibur ke Kawah Ijen. Menikmati Blue Fire yang muncul setiap pukul 05.00 adalah hal favorite wisatawan.

2. Air Terjun Coban Rondo Pujon

wisata-Jawa-Timur-Air-Terjun-Coban-Rondo-Pujon
(sumber: instagram.com/yoyaku_id/)
LokasiJalan Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.30-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp30.000/orang.
Obyek wisata menarik disekitar area wisataAir terjun, labirin, flying fox, panahan, tembakan, sepeda, ayunan, dan camping ground.

Tidak hanya wisatawan asal Indonesia yang mengunjungi air terjun ini, sebab wisatawan internasional juga kerap datang. Dengan keindahan alam yang penuh pesona dan dibarengi air terjun yang eksotis, tentu pengunjung merasa betah. Selain itu, hutan pinus juga mengelilingi kawasan Air Terjun Coban Rondo Pujon ini.

Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian mencapai 84 meter yang berada pada 1.135 mdpl. Sehingga, akses jalan menuju ke kawasan utama memang tidak terlalu mudah. Air Terjun Coban Rondo Pujon memiliki aliran air yang cukup berbeda dan akan sesuai musim pada tempatnya. Untuk debit air mencapai sekitar 150 liter setiap detiknya ketika hujan dan 90 liter saat kemarau.

Dengan fasilitas yang lengkap dan wahana permainan memadai, maka kamu akan membayar tiket masuk serta masing-masing wahana. Untuk biaya masuknya sekitar Rp30.000 per orang. Banyak wahana permainan yang bisa kamu coba. Di antaranya adalah labirin, flying fox, panahan, tembakan, sepeda, ayunan (khusus anak-anak), dan camping ground.

Karena masih dikelilingi oleh hutan pinus, maka air terjun ini masih terbilang asri. Dengan lebatnya pohon pinus yang indah, sehingga menjadikan destinasi wisata ini populer. Kamu bisa menikmati pohon pinus yang berjejer di sepanjang sisi air terjun. Selain untuk memberikan ketenangan diri, kamu juga bisa melupakan stres pekerjaan di sini.

3. Air Terjun Madakaripura

wisata-Jawa-Timur-Air-Terjun-Madakaripura
(sumber: instagram.com/ara.adventure/)
LokasiSapih, Branggah, Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp22.000/orang.
Obyek wisata menarik disekitar area wisataAir terjun, dan pemandangan alam yang eksotis.

Air Terjun Madakaripura adalah kawasan air terjun dengan pesona magis yang sangat kuat. Dengan adanya pesona tersebut, membuat wisatawan akan merasa penasaran. Nama Madakaripura sendiri  diambil dari 3 jenis nama. Di antaranya adalah Mada dari nama gajah, kari yang berarti peninggalan, dan pura berarti semedi atau sembahyang. Sehingga, artinya gajah meninggal ketika sembahyang.

Air terjun yang ada di kawasan ini adalah termasuk air terjun yang abadi. Sehingga kamu akan terus menemukan dan menikmati airnya tanpa khawatir tentang kekeringan. Dengan debit air yang statis, maka tidak akan bertambah atau berkurang. Baik itu pada musim hujan maupun musim kemarau.

Jika kamu berkunjung ke sini, maka kamu harus selalu berhati-hati. Hal ini karena jika wisatawan yang memiliki niat tidak baik, maka akan terserang malapetaka. Sebaliknya, jika kamu memiliki niat baik, kebaikan hati yang bersih akan turut kamu dapatkan.

Air Terjun Madakaripura berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Sehingga, kamu bisa merasakan suasana air terjun yang terlihat teduh dan begitu sejuk. Semua orang akan merasa dihipnotis dengan adanya nuansa air terjun ini. Lebih uniknya lagi, ternyata Air Terjun Madakaripura memiliki bentuk gua dengan ketinggian sekitar 200 meter dan luas 25 meter.

4. Ranu Kumbolo

wisata-Jawa-Timur-Ranu-Kumbolo
(sumber : instagram.com/amdtaufiq/)
LokasiTulungrejo, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp19.000 (weekday) dan Rp24.000 (weekend).
Obyek wisata menarik disekitar area wisataDanau eksotis, camping ground, sunrise point, dan pemandangan bunga edelweis.

Para pendaki di Indonesia menganggap Gunung Semeru sebagai lokasi kesukaan mereka untuk mendaki gunung. Ranu Kumbolo, wisata alam yang ada di sekitar Gunung Semeru turut menjadi salah satu yang kerap mereka kunjungi. Selain Mahameru, Ranu Kumbolo sering dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan tenda.

Ranu Kumbolo memiliki akses jalan yang tidak terlalu sulit untuk ditempuh, jalurnya pun sudah ditata dengan begitu ciamik. Jadi, kamu hanya perlu menyusuri jalan sesuai dengan petunjuk yang sudah tersedia. Keindahan alam yang ada di Ranu Kumbolo memiliki segudang kisah mitos yang mengelilinginya.

Penduduk sekitar Ranu Kumbolo masih sangat memegang erat adat istiadat yang mereka percaya sejak dahulu kala dan bersifat turun temurun. Destinasi wisata ini berada di ketinggian 2.400 mdpl dan di bawah kaki Gunung Semeru. Selain itu, Ranu Kumbolo juga dikelilingi beberapa jenis bunga dan bukit yang begitu memukau.

Ranu Kumbolo adalah tempat cocok untuk berkemah. Oleh karena itu, ketika kamu berkemah di sini, maka jangan lupa untuk menyaksikan panorama sunset dan sunrise. Kamu cukup membayar tiket masuk Rp19.000 untuk bisa merasakan pengalaman tersebut di Ranu Kumbolo.

5. Pantai Klayar

wisata-Jawa-Timur-Pantai-Klayar
(sumber: instagram.com/jhasena/)
LokasiJalan Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000 (anak-anak) dan Rp15.000 (dewasa).
Obyek wisata menarik disekitar area wisataPasir putih yang menakjubkan, jasa penyewa ATV, homestay, dan bukit-bukit menjulang dengan indah.

Pacitan menjadi salah satu daerah yang memiliki pantai dengan keindahan yang memukau, termasuk Pantai Klayar. Dengan membentangnya hamparan pasir berwarna putih dan ombak jernih yang ada di sekitar bibir pantai, membuat Pantai Klayar masuk ke dalam daftar 10 pantai terbaik di Pacitan.

Pantai ini banyak menyimpan misteri dengan keindahan alamnya yang sangat unik. Di antaranya adalah seruling laut, air terjun, dan pasir putih yang indah. Selain itu, ada juga karang raksasa yang seperti Sphinx Mesir, dan keindahan lainnya.

Untuk dapat menuju ke kawasan utama Pantai Klayar, kamu tidak akan merasa kesulitan dalam menempuhnya. Hal ini karena sarana jalan yang sudah beraspal sepanjang menuju ke Pantai Klayar. Namun, kamu juga akan menemui jalan yang bervariasi jika memilih jalan desa. Ada kemungkinan kamu akan menemukan jalan aspal yang bolong dan juga jalan berbatuan.

Jadi bagi kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang begitu tenang dengan biaya masuk yang terjangkau, Pantai Klayar jawabannya. Kamu bisa menikmati waktu bersama orang terdekat dan mengabadikan segala momen di Pantai Klayar.

6. Pantai Balekambang

wisata-Jawa-Timur-Pantai-Balekambang
(sumber: instagram.com/pringgondanipenangsang/)
LokasiJawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang.
Obyek wisata menarik disekitar area wisataPemandangan pantai, Puta Amarta Jati, flying fox, rip current, dan homestay.

Dengan akses jalan yang tidak terlalu sulit, kamu bisa menempuhnya menggunakan mobil maupun motor. Namun, untuk jalur jalannya memang cukup berbelok-belok. Selain itu, ada juga tanjakan dan tikungan di beberapa kawasan jalur yang sempit.

Kamu bisa menempuh  jalur ke Pantai Balekambang dengan jarak sekitar 67 km, dan dapat sampai setelah 2 jam kemudian. Lama waktu sampai akan tergantung pada cara kamu berkendara. Meskipun memiliki akses jalan yang berliku, semua akan terbayar ketika kamu melihat keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Balekambang.

Pantai Balekambang memiliki keindahan yang tidak bisa ditolak. Dengan hamparan pasir putih dan landai ombak biru membuat wisatawan semakin betah. Selain itu, di sana juga ada Pura Amarta Jati yang menjadi daya tarik utama pantai ini. Pura Amarta Jati berlokasi di pulau karang, sehingga membuat wisatawan terpikat akan pesonanya.

Kamu bisa bermain air di sekitar Pantai Balekambang. Namun sangat tidak disarankan untuk tidak berenang di kawasan Rip Current, karena arus yang kencang. Untuk bermain air, kami sarankan di jembatan yang terhubung dengan Pulau Ismoyo saja. Sebab, arus di sana lebih tenang dan aman untuk berenang.

7. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

wisata-Jawa-Timur---Taman-Nasional-Bromo-Tengger-Semeru
(sumber: instagram.com/indraiswanto84/).
LokasiJawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp29.000 (hari kerja) dan Rp34.000 (hari libur).
Obyek wisata menarik disekitar area wisataBerkendara dengan jip, pasir berbisik, Pura Luhur Poten, Bukit Cinta, dan berkemah di Ranu Kumbolo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah kawasan konservasi yang terbentang di beberapa titik Jawa Timur. Di antaranya seperti Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Dengan total luas yang mencapai 800 km, membuat TNBTS menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Untuk menuju ke lokasi utamanya, kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan jalur darat maupun udara. Wisatawan bisa mengambil rute yang sudah populer untuk menempuh jalur darat. Salah satunya adalah Desa Ngadisari, Probolinggo. Jika kamu ingin mengambil jalur laut, maka kamu bisa melalui Desa Tosari, Pasuruan. Sebaliknya, untuk perjalanan yang jauh lebih ekstrem, maka jalur Ngadas pilihannya.

Jika kamu berangkat menggunakan kendaraan pribadi, biasanya TNBTS akan memakan waktu selama 5 jam. Namun, ketika tiba di Desa Wonokitri, kamu harus melakukan perjalanan menggunakan jip. Hal ini karena trek yang akan dilalui terbilang sulit.

Banyak wisatawan yang lebih memilih berjalan kaki ketika berada di kawasan TNBTS. Adanya jalur dengan papan petunjuk akan memudahkan para pengunjung melintasi lautan untuk menuju ke Gunung Bromo. Selain itu, kamu juga bisa menyewa mobil atau kuda untuk berkeliling di sekitar destinasi wisata tersebut.

Wisata alam adalah wisata dengan berbagai keunikan yang tersimpan. Baik itu pemandangan alamnya maupun cerita magis yang tersebar. Namun perlu diketahui bahwa wisata alam harus tetap dijaga agar bebas dari segala hal negatif, salah satunya adalah sampah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata alam di Jawa Timur yang bisa kami berikan kepada kamu. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *